KTT GCC Riyadh, Presiden Jokowi Dorong Pemimpin Negara Hentikan Kekerasan di Gaza

By Achmad Sholeh(Alek) 21 Okt 2023, 11:14:01 WIB Internasional
KTT GCC Riyadh, Presiden Jokowi Dorong Pemimpin Negara Hentikan Kekerasan di Gaza

Keterangan Gambar : Foto: Presiden Joko Widodo saat menghadiri ASEAN-GCC Summit Proper Ritz Carlton Hotel di Riyadh, Arab Saudi pada Jumat, (10/20/2023). (Tangkapan Layar Youtube RTVMalacanang)


MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung perang di Gaza pada forum internasional. Ia mendorong pada pemimpin negara yang hadir untuk menghentikan tindak kekerasan yang terjadi. Hal ini diungkapkan Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN - Gulf Cooperation Council (GCC) di Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/10/2023).


Dilansir dari CNBC, dalam forum itu dihadiri pemimpin negara baik negeri timur tengah bagian teluk, hingga negara ASEAN. Seperti Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, Presiden UEA Mohammed bin Zayed al Nahyan, Presiden Arab Saudi Perdana Menteri (PM) Kerjasaan Arab Saudi yang juga Putra Mahkota Mohammed bin Salman al - Saud, PM Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim, dan lainnya.

Baca Lainnya :


"Secara khusus saya menyampaikan perkembangan di Gaza, tindakan kekerasan harus dihentikan harus dihentikan, isu kemanusiaan harus menjadi prioritas saat ini. dan kita harus mencegah agar kondisi tidak menjadi semakin buruk," kata Jokowi melalui siaran Kepresidenan Filipina, Jumat (20/10/2023).


Ia kembali mengingatkan akar masalah pada konflik ini adalah pendudukan wilayah Palestina oleh Israel. Sehingga harus diselesaikan sesuai parameter internasional yang telah disepakati.


"Dimana posisi ASEAN dan GCC harus jelas dan solid, dan untuk mendukung solusi perdamaian yang adil dan langgeng di Palestina," kata Jokowi.

Sebelumnya dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman al-Saud di Istana Al-Yamamah, Riyadh, pada Kamis, (19/10/2023), Jokowi juga sempat menyinggung hal serupa.

Jokowi menyampaikan kekhawatiran Indonesia terhadap situasi di Palestina yang makin memburuk. Kepala Negara pun menegaskan sikap Indonesia yang mengutuk keras segala penyerangan yang berdampak pada kemanusiaan dari negara tersebut.

Indonesia mengutuk keras serangan Israel atas Rumah Sakit Al Ahly di Gaza yang memakan ratusan korban sipil," kata Jokowi mengutip keterangan resmi, Kamis (19/10/2023).

Untuk itu, Jokowi mengajak pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk bersama-sama menghentikan eskalasi di daerah konflik agar tidak semakin meningkat. Selain itu, ia mendorong agar permasalahan di daerah konflik Palestina dan Israel dapat segera terselesaikan sesuai dengan ketentuan yang disepakati.

"Ini saatnya dunia berdiri bersama untuk menghentikan eskalasi, mengutamakan isu kemanusiaan, dan menyelesaikan akar masalah sesuai parameter internasional yang sudah disepakati," katanya.

Selain itu, dalam pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping, Selasa (17/10/2023), Jokowi juga bertukar pandangan mengenai situasi dunia termasuk perang di Gaza. Dimana Indonesia dan RRT memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya upaya untuk deeskalasi situasi dan memberikan fokus bagi isu kemanusiaan.(ASl)




  • Vice President of The World Peace Organization For East Europe Zone Dr. Sadiku Apointed Prof Dr. Agim Rushiti As Ambasador Of Peace in Eastern Europe

    🕔22:42:13, 04 Jun 2024
  • President The World Peace Organization Persiapkan Perhelatan Akbar 1 Juta Lilin Saat Peringatan Hari Perdamaian Dunia

    🕔19:00:01, 01 Jun 2024
  • President The World Peace Organization Bertemu Dengan Dubes Kesultanan Oman Dalam Peringatan Hari Waisak 2568 BE/2024.

    🕔09:18:55, 30 Mei 2024
  • President The World Peace Organization (WPO) Bambang Hery Purnomo Beri Apresiasi Kepada Muni

    🕔07:18:04, 29 Mei 2024
  • President WPO Memberikan Apresiasi Berupa Selendang dan Sertifikat Perdamaian Dunia Kepada Ibu Fatmawati,SE.

    🕔17:53:09, 29 Mei 2024
  • Loading....


    Kanan - Iklan Sidebar

    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.