Rakernas V PDI-P Gelorakan Api Perjuangan, Digelar 24-26 Mei 2024 di Ancol Jakarta

By Sigit 17 Mei 2024, 20:40:18 WIB Politik
Rakernas V PDI-P Gelorakan Api Perjuangan, Digelar 24-26 Mei 2024 di Ancol Jakarta

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Beach City International Ancol Jakarta pada 24-26 Mei 2024.

"Tema rakernas ini Satyam Eva Jayate yang artinya Kebenaran Pasti Menang dan subtema, Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya," kata Ketua SC (Steering Committee) Rakernas V PDI-P, Djarot Saiful Hidayat dalam konferensi pers bersama Ketua DPP PDI-P bidang Kehormatan, Komarudin Watubun, Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga PDI-P, Eriko Sotarduga dan kader muda PDI-P, Aryo Seno Bagaskoro, di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Tema yang diambil tersebut, terang Djarot, menyesuaikan kondisi politik saat ini yang disebutnya penuh kegelapan.

Baca Lainnya :

"Rakernas V partai diadakan di tengah keprihatinan atas bekerjanya sisi-sisi gelap, kekuasaan melalui manipulasi hukum, penggunaan sumber daya negara dan alat-alat negara, serta berbagai upaya lain yang mengkerdilkan demokrasi. Meritokrasi dan supremasi hukum pun diganti dengan demokrasi kekuasaan hingga melahirkan berbagai praktik-praktik kecurangan pemilu," bebernya.

Rakernas V, lanjut Djarot, akan dihadiri tiga pilar partai, yakni struktural partai, legislatiif partai, dan eksekutif partai. Tiga pilar partai ini akan sama-sama membahas dan menganalisa berbagai hal yang menyangkut tentang demokrasi dan dinamika politik nasional. 

"Inilah posisi PDI-P menyatu dengan kekuatan rakyat untuk selalu berjuang mewujudkan kebenaran yang hakiki," ujar Djarot.

Dijelaskan Djarot, Rakernas V PDI-P juga menjadi tempat menggelorakan semangat perjuangan tiga pilar partai. Yang gelora semangat juangnya akan diawali dengan menyalakan api perjuangan 'Api Abadi Mrapen' yang akan dibawa mulai dari Grobogan, Jawa Tengah.

"Rencana api perjuangan akan menempuh perjalanan sepanjang 526 km, melewati 20 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, dan akan sampai di Jakarta pada tanggal 23 Mei 2024," papar Djarot.

"Api perjuangan tak kunjung padam ini akan dibawa lari oleh para kader partai, dengan melibatkan atlet maraton nasional dan daerah. Semangat mens sana in corpore sano digelorakan oleh PDI Perjuangan," sambungnya.

Dengan menyalakan api perjuangan tersebut, PDI-P mengajak seluruh partai politik, penyelenggara pemilu dan pemerintah negara untuk belajar dari dunia olah raga.


Menurut Djarot, dalam olahraga ketaatan terhadap aturan main melalui wasit yang independen dan netral bersifat wajib.

"Olahraga mengajarkan budaya prestasi, bukan jalan pintas. Olah raga penuh dengan sportivitas, kejujuran, dan persaingan sehat atas dasar prestasi pun dikedepankan. Dalam dunia olah raga, kecurangan sangatlah dilarang. Penggunaan doping dan berbagai bentuk kecurangan merupakan pelanggaran etika dan hukum yang berat," cetus Djarot.

Disampaikan Djarot, Rakernas V PDI-P juga akan dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan akan memberikan pidato pembuka dalam acara tersebut.(*/Anton)




  • Rakernas V PDI-P Gelorakan Api Perjuangan, Digelar 24-26 Mei 2024 di Ancol Jakarta

    🕔20:40:18, 17 Mei 2024
  • KPU Rilis Syarat Dukungan Perseorangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur untuk Pilkada Serentak 2024

    🕔11:13:41, 20 Mar 2024
  • Perolehan Suara PSI DKI Jakarta Meningkat dari Pemilu 2019

    🕔20:07:37, 15 Feb 2024
  • Kritik Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta atas Penyediaan Air Bersih DKI Jakarta, Pada Era Gubernur Anies Baswedan

    🕔10:38:30, 07 Feb 2024
  • Fraksi PSI Jakarta Pantau Banjir dan Posko Pengungsian

    🕔17:03:40, 31 Jan 2024