Menteri ESDM Minta Pertamina Gandeng Swasta Kelola Sumur Migas yang Tak Aktif

By Achmad Sholeh(Alek) 22 Sep 2023, 16:32:28 WIB Nasional
Menteri ESDM Minta Pertamina Gandeng Swasta Kelola Sumur Migas yang Tak Aktif

Keterangan Gambar : Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif


MEGAPOLITANPOS.COM, Badung Bali- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengaku telah meminta PT Pertamina (Persero) untuk melepas atau menggandeng swasta dalam optimalisasi pengelolaan sumur-sumur kelolaan yang tak aktif. Hal itu agar produksi minyak dapat kembali ditingkatkan demi memenuhi kebutuhan nasional. 

“Kita sudah minta supaya itu dikerjasamakan atau dilepas, kita sudah kasih aturan untuk itu, sudah ada di kementerian dan sudah jadi Kepmen (Keputusan Menteri) ESDM,” kata Arifin pada wartawan diacara lnternational Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (ICIUOG) 2023, Jumat (21/9/2023). 

Arifin menjelaskan, pemerintah telah memperbolehkan agar sumur-sumur Pertamina bisa dilepas kepada swasta maupun dikerjasamakan. Ia pun meminta agar itu dapat segera direalisasikan bila memang sumur yang menganggur masih berpotensi menghasilkan cadangan.

Baca Lainnya :

Ia tak dapat memerinci sumur-sumur yang dapat dilepas karena jumlahnya mencapai ribuan. Namun, kebanyakan sumur yang tak aktif berada di pulau-pulau kecil. Jika tak mampu mengelola secara optimal, Pertamina langsung melepas hak partisipasi pada sumur migas tersebut. 

Menurutnya, proses pelepasan maupun kerja sama pengeboran sumur oleh Pertamina sebetulnya sudah berjalan dan menghasilkan tambahan minyak 3.000 hingga 4.000 barel per hari. Meski tak besar, setidaknya sumur-sumur yang sudah dalam pengelolaan dapat dioptimalkan kembali. 

Sebelumnya, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia meminta PT Pertamina (Persero) untuk dapat melepas sebagian sumur migas yang tak mampu dikelola secara maksimal. Bahlil mengatakan, Pertamina mengelola sebagian besar sumur migas yang ada di Indonesia. Bila ada sebagian yang tak mampu diurusi dengan baik, ia mendorong perseroan untuk mengalihkannya ke perusahaan swasta nasional. 

Sumur lama ini 70 persen dikelola Pertamina. Negara tidak mau pusing Pertamina atau swasta yang kelola, yang penting target produksi naik biar tidak impor," ujar Bahlil.

Bahlil menegaskan, pemerintah memberikan prioritas pengelolaan sumur migas kepada Pertamina. Ia menilai kinerja Pertamina sudah cukup baik, namun dia tak ingin terjadi kelebihan kapasitas hingga di luar kemampuan Pertamina. (AS)




  • Bersama Parpol, KPU DKI Bahas Pilkada Putaran Kedua

    🕔15:58:23, 20 Jul 2024
  • KPU DKI Jakarta Memonitoring dan Mensupervisi Pelaksanaan Coklit dikediaman Anis Baswedan

    🕔16:03:52, 20 Jul 2024
  • KemenKopUKM Terus Bangun Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Modest Fesyen Dunia

    🕔17:20:31, 19 Jul 2024
  • Melalui Koperasi Multi Pihak, MenKopUKM Terus Berupaya Koperasikan Korporasi

    🕔19:01:03, 19 Jul 2024
  • Buat 4 Pernyataan Sikap, Puluhan Anggota PWI Bandung Raya Desak KLB Demi Selamatkan Organisasi

    🕔21:25:22, 19 Jul 2024