DPRD Kabupaten Blitar Terima Study Banding DPRD Kota Malang Jelaskan Masalah Penanganan Covid 19 dan Bansos - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

DPRD Kabupaten Blitar Terima Study Banding DPRD Kota Malang Jelaskan Masalah Penanganan Covid 19 dan Bansos

Berita Daerah
dprd kabupaten blitar terima study banding dprd kota malang jelaskan masalah penanganan covid 19 dan bansos
Penerimaan Kunker anggaota DPRD Kota Malang

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Ini Kali pertama semasa pandemic disease Corona Virus ( Covid -19 ) Lembaga Legislatif DPRD Kabupaten Blitar menerima kunjungan kerja atau study banding dari daerah lain.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar di masa Pandemi Covid-19 ini menerima kunjungan kerja dari DPRD Kota Malang pada hari Senin Siang ( 13/07/20 ).

Dalam kunjungan kerjanya Ahmad Wanedi Ketua Komisi D DPRD Kota Malang, diterima oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Sugeng Suroso, rombongan Komisi D Kota Malang menyampaikan maksud kunjungan kerja di DPRD Kabupaten Blitar dalam rangka untuk berbagai pengalaman dalam segala hal terutama masalah penanganan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Blitar. Dimana banyak hal yang perlu dilakukan sharing dengan daerah lain, seperti pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang dilapangan menimbulkan masalah.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Sugeng Suroso kepada media ini menyampaikan, maksud kedatangan anggota Komisi D Kota Malang ingin bertukar pengalaman, dalam segala hal, bahkan juga sempat menyinggung masalah penyaluran bantuan sosial yang hingga sekarang ini masih banyak complain, Selasa (14/07/20 ).

"Mereka menanyakan langkah-langkah apa saja yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Blitar dalam penangnan covid 19,itu yang dipertanyakan komis D Kota Malang,bagaimana penanganan masalah kesehatan penanganan masalah sosial,dan bagaimana menaikan daya beli masyarakat," Kata Sugeng.

Lebih lanjut Sugeng Suroso yang juga dari Fraksi PDI Perjuangan ini ketika ditanya kesimpang siuran data penerima bansos oleh Komisi D bersama mitra kerjanya, pihak nya juga menjelaskan bahwa yang terkait dengan pembagian sembako di Kabupaten Blitar pihak nya juga ber terus terang kalau hal itu banyak masalah terkait dengan data.

"Kami jujur menyampaikan pernah didatangi kepala desa se Kabupaten Blitar yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa ( APD ), untuk minta hearing terkait penyaluran bansos tahap ke II, sehingga Komisi III perlu menunda pembagian sembako sebelum pendataan benar benar akurat," Jelasnya.

Kedatangan Pimpinan dan Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Blitar diterima Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar. Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Sugeng Suroso, S.Kom, juga menyampaikan selama ini pihaknya secara intens melakukan koordinasi dengan OPD maupun Satgas Covid-19 terkait dengan penganan Covid-19.

"Koordinasi secara intens ini perlu kami lakukan untuk mengetahui secara pasti apa saja yang dilakukan. Dan kami juga sekaligus melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran yang dilakukan pergeseran untuk menangani masalah ini, sudah sesuai atau tidak," kata sugeng.

Selanjutnya Sugeng juga menyampaikan masalah penangnan bidang kesehatan, upaya yang sudah dilakukan adalah bahwa mitra komisi IV juga telah melakukan rapit test di sejumlah OPD maupun tempat-tempat umum seperti pasar untuk mengetahui sebaran Covid-19.

Pada hari yang sama DPRD Kabupaten Blitar juga menerima Kunjungan Komisi I DPRD Kota Malang, Pertemuan kedua parlemen tersebut berlangsung di ruang Rapat Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, yang membahas terkait Perencanaan, Pelaksanaan Penanganan dan Penanggulangan Covid 19 Tahun 2020.

Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Eddy Widjanarko, S.AP, menyampaikan terima kasih kepada DPRD kabupaten Blitar karena telah menyambut baik rombongan kedatangannya di DPRD Kabupaten Blitar ditengah pandemi seperti saat ini. Pihaknya juga sharing strategi untuk pencegahan Covid-19, mengingat sebanyak 400 lebih warga Kota Malang yang terinfeksi Covid-19.

"Terimakasih kami ucapkan kepada Komisi I DPRD Kabupaten Blitar telah menerima baik kunjungan dari kami. Dari kunjungan ini, tujuan kita untuk memperoleh informasi terkait Perencanaan, Pelaksanaan Penanganan dan Penanggulangan Covid 19 Tahun 2020 khususnya di Kabupaten Blitar," kata Eddy Widjanarko, S. AP.

Menjawab pertanyaan dari Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Eddy Widjanarko, S. AP, Ketua Komisi I, Muhamaram Sulistiono menyampaikan bahwa Kabupaten Blitar sebanyak 55 orang terjangkit virus Corona per 12 Juli 2020, sesuai data dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar.(za)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top