KPU Kabupaten Blitar Menggelar Bimtek Pemutahiran Data Pemilih - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

KPU Kabupaten Blitar Menggelar Bimtek Pemutahiran Data Pemilih

Berita Daerah
kpu kabupaten blitar menggelar bimtek pemutahiran data pemilih
BIMTEK Pemutahiran Data Pemilih

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menggelar Bimbingan Tehnik pemutahiran data pemilih Pemilu Kada serentak (Pemilihan Bupati Blitar dan Wakil Bupati Blitar Red.) Selasa (07/07/20) bertempat Hall Grand Mansion Hotel Kanigoro.

Yuli Kustatik koordinator divisi perencanaan program data dan informasi memaparkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. PPDP dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran pemilih mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya.

"Pekerjaan yang sangat penting ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab karena itu PPDP harus tepat dalam pencocokkan data dan teliti dalam bekerja," ungkapnya.

Selain itu petugas ini harus bisa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait salah satunya adalah RT/RW/ termasuk dengan Panitia Pemungutan Suara.

"Untuk itu, PPDP wajib menggunakan Buku Kerja dalam melaksanakan tugas tersebut. Buku kerja dimaksud untuk menjadi buku panduan di lapangan sekaligus sebagai catatan kerja PPDP untuk akuntabilitas proses Pencocokan dan Penelitian (COKLIT) sekaligus koordinasi dengan pihak-pihak terkait," Paparnya.

Lebih lanjut juga ditekankan pada Prinsipnya Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Pendataan dimulai sejak 13 Julli hingga terahir tanggal 15 Julli sudah harus dilaporkan ke KPU 13/08/2020.

"Kepada petugas nanti calon pemilih agar menyiapkan KTP elektronik, Surat Keterangan / Suket dan Kartu Keluarga," paparnya.

PPDP adalah Petugas Rukun Tetangga (RT) / Rukun Warga (RW) atau nama lainnya yang membantu PPS dalam pemutakhiran data pemilih. melakukan pemutakhiran data pemilih dibantu oleh PPDP.

PPDP dipilih bisa berasal dari pengurus Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW), ada tiga point tugas :

  1. PPDP harus melakukan koordinasi dengan PPS paling lambat setiap 10 hari sekali untuk melaporkan hasil coklit yang telah dilakukan.
  2. PP wajib mendatangi setiap Rt/Rw dalam tahapan persiapan untuk mendapatkan validasi data dan wajib mendatangi rumah rumah pemilih.
  3. PPDP dalam satu wilayah satu desa/kelurahan melakukan komunikasi dan koordinasi dalam menjalankan tugas dilapangan,serta membantu KPU dalam pemetaan TPS .
Untuk petugas PPDP sebelum melakukan pendataan dilapangan karena Pemilu Kada di masa pandemi covid 19, semua petugas PPDP akan di rapit test, dan bila mana diketahui hasil rapit test reaktif covid 19, maka petugas PPDP harus diganti.

"Ini dilakukan untuk memastikan bahwa petugas ini benar benar bebas dari virus covid 19, agar petugas tidak jadi kluster baru penyebaran covid 19," Tutup nya.(za)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top