Pemkot Blitar Berlakukan Sanksi Bagi Yang Melanggar Protokol Kesehatan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pemkot Blitar Berlakukan Sanksi Bagi Yang Melanggar Protokol Kesehatan

Berita Daerah
pemkot blitar berlakukan sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan
Walikota Blitar Santoso

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Pemkot Blitar Akan terapkan sanksi bagi masyarakat yang melanggar tidak memakai masker, dan sudah dibuat Perwalnya.

Ini lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di Kota blitar, bagi masyarakat jangan coba coba melanggar tidak pakai masker.

Kota Blitar terapkan tertib masker, oleh sebab itu harus disiplin menjalankan protokol kesehatan wajib pakai masker, karena Pemkot Blitar mulai menerapkan Perwali tentang New Normal Life dan memberi sanksi bagi yang melanggar.

Walikota Blitar Santoso kepada wartawan mengatakan, Perwali itu juga mengatur sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, saat penerapan New Normal.

"Untuk bidang usaha, wisata dan tempat publik juga wajib menyediakan sarana prasarana protokol kesehatan saat beroperasi kembali," katanya, Rabu (1/7/2020).

Ditegaskan Santoso penerapan sangsi ini ada beberapa macam, tergantung tingkat pelanggaran yang dilakukan, jika di tempat usaha dan tempat wisata yang melanggar protokol kesehatan, ada sangsi teguran pertama, kedua dan ketiga sampai penutupan sementara .

Selain itu masih kata Santoso, Pemkot juga memberi sangsi sosial bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Untuk masyarakat yang tidak pakai masker di tempat publik, akan diberi sanksi sosial berupa membersihkan fasilitas umum hingga diminta push up.

"Sanksi ini untuk memberi efek jera, agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan saat pemberlakuan New Normal," tandasnya.

Agar masyarakat mematuhi aturan tersebut, Pemkot Blitar akan bekerjasama dengan TNI-Polri melaksanakan patroli mendisiplinkan masyarakat.

"Pemberlakuan New Normal ini upaya menumbuhkan kembali ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19, jadi yang perlu ditegaskan masyarakat bisa beraktivitas kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," paparnya.

Ditambahkan Santoso pihaknya tidak ingin status Kota Blitar yang sudah zona kuning atau tingkat penyebaran Covid-19 rendah, kembali masuk zona oranye maupun zona merah saat pemberlakukan new normal.

"Kuncinya disiplin menerapkan protokol kesehatan, dengan begitu tingkat penyebaran bisa ditekan dan Kota Blitar bisa masuk zona hijau," pungkas Santoso (za)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top