Begini Aturan Donor Darah ditengah Wabah Covid 19 - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Begini Aturan Donor Darah ditengah Wabah Covid 19

Kab Tangerang
begini aturan donor darah ditengah wabah covid 19
Kepala seksi

MEGAPOLITANPOSCOM, Kabupaten Tangerang - Merebaknya Virus Corona atau Covid-19, menyebabkan stok darah yang dimiliki setiap Palang Merah Indonesia atau PMI disejumlah daerah kian menipis, hal itu karena pendonor sedikit.

Diketahui stok darah untuk saat ini di PMI Kabupaten Tangerang hanya 2.000 kantong dengan jumlah permintaan bisa mencapai 4 ribu hingga 6 ribu kantong terlebih saat ini, wabah DBD atau demam berdarah juga tengah melanda Indonesia.

Dikatakan Kepala Seksi Perekrutan dan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2DDS) PMI Kabupaten Tangerang, Riva Giantara, menipisnya stok darah tersebut dikarenakan wabah Covid 19, pemerintah juga mengimbau masyarakat agar Social distancing atau jaga jarak berdiam dirumah.

"Masyarakat takut, kalau nanti donor darah, mereka malah tertular atau terpapar Virus Corona. Padahal, kami pastikan kalau donor darah itu aman dan tidak tertular Corona,"

Hal itu dipastikannya karena PMI mempunyai protokol tersendiri dalam proses pengambilan daerah tersebut. Mulai dari melakukan pengecekan suhu, tracking perjalanan hingga, melakukan proses jemput bola.

"Donor darah itu aman, kita punya protokol kesehatan. Dimana, setiap yang mau mendonorkan darahnya harus dicek suhu, kemudian kita tanya gejala penyakit seperti gangguan tenggorokan, demam atau gangguan pernapasan," ujarnya

Kemudian, para pendonor juga melakukan sesi wawancara terkait dengan kunjungan yang pernah dilakukan.

"Untuk cek suhu, batas yang kita tetapkan yakni 37,5 derajat celsius. Jika kita dapati dia diatas itu, maka kita tunda untuk dia mendonorkan darahnya, tapi kalau misalnya suhunya dibawah itu, maka dilanjutkan dengan sesi wawancara. Kalau lulus bisa lanjut donor darah, kalau tidak ya berarti ditunda dulu," pungkasnya. (Maya).

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top