Sanggar Tari Mustika Ayu Kembali Go International - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Sanggar Tari Mustika Ayu Kembali Go International

Kota Tangerang
sanggar tari mustika ayu kembali go international
Poto bersama

MEGAPOLITANPOSCOM, Kota Tangerang - Tari Kreasi Kalimantan membawa Sanggar Tari Mustika Ayu yang berdomisili Jalan Benteng Betawi Kelurahan Poris Plawad Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang kembali go International dengan mendapatkan Gold Award di Malaka, Malaysia tingkat Asia di acara Asia Pasific Arts Festival 2020.

Mustika Mustafa S. Pd pemilik Sanggar sekaligus Pelatih tari di Sanggar Tari Mustika Ayu kepada wartawan, Selasa (25/02/2020) menyampaikan, dalam festival tingkat Asia tersebut Sanggar Tari Mustika Ayu menyajikan tari tradisional yang sudah dikembangkan namun tidak menghilangkan gerak dasar daripada asal tarian tersebut.



Dalam festival tersebut di ikuti 122 peserta dari 7 Negara di Asia diantaranya, Indonesia, Malaysia, Singapura Philipina, Brunei, Vietnam dan India. Sanggar Tari Mustika Ayu berhasil mengibarkan bendera merah putih kembali setelah tahun 2019 berhasil Go Internasional di Vietnam.

"Untuk mengikuti event festival tingkat Asia tersebut kami bersama-sama dengan para siswa sanggar tari melakukan swadaya bersama baik dari mulai pendaftaran, pemberangkatan sampai pulang ke tanah air. Kami tertarik mengikuti festival Asia Facific Artis Festival di Malaysia ingin mempersembahkan tari tradisional yang dimiliki Bangsa Indonesia ke dunia luar yaitu Asia Pasific. Untuk sanggar tari Mustika Ayu sendiri telah menguasi lebih dari 20 tari tradisional yang ada di Indonesia," ucapnya.



Lebih lanjut Mustika yang biasa di panggil ka Tika atau Miss Tika menambahkan, Sanggar Tari Mustika Ayu sendiri saat ini di bilang masih relatif muda sekitar 4 tahun, berdiri pada tanggal 19 November 2016 lalu, namun selama 3 tahun terakhir Sanggar Mustika Ayu telah mengikuti berbagai acara baik lokal sampai Internasional. Untuk lokalnya seperti kegiatan Festival Cisadane yang di gelar Pemerintah Kota Tangerang, acara budaya yang diselenggarakan Taman Mini Indonesia Indah dan acara-acara lainya.

"Untuk saat ini Sanggar tari Mustika Ayu telah memiliki anak didik tari sekitar puluhan orang, kelas tari di bagi menjadi 4 bagian di antaranya, usia 5 sampai 10 tahun tingkatannnya pemula dan mahir dan 10 sampai 15 tahun dengan tingkatan pemula dan mahir dengan pelatih tari 4 orang. Untuk peserta tari yang berhasil membawa pulang gold sebanyak 12 anak (Hita, Maria, Nikita, yosephine, amora, berliani, kirana, schelo, alynd, shareen, margareth, dan Gladys) yang paling termuda berusia 10 tahun dan yang tertua kisaran usia 13 tahun," jelasnya.



Diharapkan Sanggar Tari Mustika Ayu semakin maju dan konsisten dalam upaya melestarikan budaya Indonesia, sehingga bisa menebar lebih luas lagi manfaat dan yang lebih penting lagi menambah lebih banyak penerus budaya bangsa.

Mustika Mustafa merupakan lulusan dari Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tahun 2016 dan sekarang merupakan istri dari Pratu Yusdi Zulqadri yang berdinas di yonif raider 700/ WYC Dam XIV/ HsN, Makassar. Selain menjadi Kepala Sanggar Tari Mustika Ayu saat ini Mustika mengajar tari di beberapa sekolah yang ada Kota Tangerang.(nan/jhn)

IMG-20200310-WA0111

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top