Konsumen PDAM TB Mencapai 15 Persen Dari Total Jumlah Penduduk - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Konsumen PDAM TB Mencapai 15 Persen Dari Total Jumlah Penduduk

Kota Tangerang
konsumen pdam tb mencapai 15 persen dari total jumlah penduduk
Kabag Humas PDAM TB

MEGAPOLITANPOSCOM, Kota Tangerang - PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang sudah 24 tahun berdiri sejak 12 Oktober tahun 1995 data terakhir yang didapat di akhir tahun 2019, total jumlah pelanggan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang mencapai 58.336.

Kabag Humas PDAM TB Kota Tangerang Ichsan Sodikin kepada tim Megapolitanpos.com Kamis (13/02/2020) mengatakan, jika dihitung persentase dari masyarakat Kota Tangerang yang hampir 2,1 juta orang itu, hanya kisarannya 15 persen jumlah konsumen yang memakai PDAM TB. Selebihnya, penduduk lebih memilih memakai air tanah yang sebenarnya tidak baik untuk dikonsumsi.

"Untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya air bersih PDAM TB sendiri mempunyai strategi khusus untuk menambah jumlah konsumen, berbagai cara dan pola oleh pihak PDAM Pertama, biaya pendaftaran PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang yang berkisar seharga Rp.1.375.000, dengan DP (uang muka) Rp.250.000 dan selebihnya diangsur atau dicicil. Cara lainnya bisa melalui media sosial, melalu website ataupun memanfaatkan momen-momen yang ada di Tangerang. Selain itu bisa melalui konsep 'door to door' yaitu memasuki wilayah atau zona yang memang membutuhkan pemasangan sambungan PDAM Tirta Benteng," ujarnya.

Ichsan Sodikin juga menyatakan, bahwa PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang mempunyai target yang harus dikejar di tahun 2020 ini, yaitu sebesar 12.000 pelanggan. Dimana sumber air PDAM Tirta Benteng yang paling utama berasal dari Sungai Cisadane.



Selain melakukan pelayanan air bersih kepada warga masyarakat kata Ichsan, pelayanan PDAM Tirta Benteng juga sering membantu masyarakat korban banjir, kemarau dan bencana alam lainnya melalui mobil-mobil tangki air bersih. Tidak luput korban yang terkena dampak bencana alam yang ada di Kota Tangerang mendapatkan suplai air bersih dari PDAM TB.

"Di tahun 2020 ini Program PDAM TB kedepannya terus meningkatkan sambungan langganan dan masyarakat Kota Tangerang yang belum teraliri atau belum menikmati air bersih, semoga bisa menikmati kedepannya, itu program kita seterusnya sampai kita benar benar bisa memaksimalkan pelayanan." Ujarnya.

Untuk Kendala PDAM Tirta Benteng lanjut Ichsan mengemukakan, dalam pelayanan air bersih ini terdapat berbagai hal, baik dari segi geografis maupun dari kesadaran masyarakat itu sendiri. Upaya yang dilakukan PDAM Tirta Benteng sendiri untuk mengatasi kendala tersebut, dari sisi geografis PDAM berusaha supaya air bersih bisa masuk ke Intek agar bisa diolah kembali airnya, lalu dari sisi kesadaran masyarakat PDAM akan terus menerus memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih mengenal tentang PDAM itu sendiri beserta manfaatnya.

"Bijaklah dalam menggunakan air bersih, kembali pada diri kita masing-masing, satu lagi pesan saya sebagai Humas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang kepada masyarakat, tolong jangan membuang sampah ke kali, karena dengan produk sampah yang dibuang ke kali itu akan banyak kotoran serta pencemaran air kali," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Ichsan juga memberikan himbauan kepada masyarakat supaya bijak dalam menggunakan air dan bijak dalam mengelola sumber daya air untuk kepentingan masyarakat serta lebih mengerti betapa pentingnya air bersih demi kelangsungan hidup manusia. (Rere/Yasin/Bella)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top