Kuatkan Swasembada Pangan Danramil 14/Panongan Tanam Padi Perdana - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kuatkan Swasembada Pangan Danramil 14/Panongan Tanam Padi Perdana

TNI POLRI
kuatkan swasembada pangan danramil 14panongan tanam padi perdana
Tanam padi

MEGAPOLITANPOSCOM, Kabupaten Tangerang - Upaya dalam menguatkan swasembada Pangan Danramil 14/Panongan Kodim 0510/Trs Kapten Inf Boedi Noeryanto melakukan penanaman padi perdana di Desa Mekar Jaya Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang, Selasa (21/01/2020).

Penanaman padi perdana dilakukan bersama Babinsa, Komarudin Kades Mekar Jaya, Dini Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Korwil Curug, Romo Felix Supranto, SS.CC, serta kelompok tani Babakan - Desa Mekar Jaya.

"Penanaman padi perdana dalam rangka upaya khusus swasembada pangan untuk wilayah Kecamatan Panongan Khususnya dan di wilayah Kabupaten Tangerang pada umumnya, bibit padi ditanam di sawah kelompok tani Babakan dengan luas 2000 M2. Untuk Penanaman padi berikutnya seluas 5 hektar," jelas Danramil 14/Panongan Kapten Inf Boedi Noeryanto.



Penanaman padi ini lanjut Danramil, ini merupakan upaya menyejahterakan petani dengan menghasilkan padi yang bermutu dan maksimal. Hasil panen yang diharapkan tahun 2020 ini adalah 8 sampai 10 ton. Babinsa terjun lansung dalam penyiapan lahan, pengolahan lahan, pemilihan bibit unggul, penyemaian, penanaman, dan nanti juga dalam perawatan, panen, dan pemasaran.

Sementara, Komarudin, Kepala Desa Mekar Jaya mengucapkan, terima kasih dengan dimulainya penanaman padi ini. “Semoga penanaman padi ini berguna bagi masyarakat Panongan pada umumnya dan Masyarakat Desa Mekar Jaya pada khususnya," katanya.

Dini, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Korwil Curug mengharapkan, penanaman perdana ini tanam sistim legowo. “Dengan penanaman padi sistem Legowo dapat menjadi percontohan bagi Masyarakt sekitarnya untuk meningkatkan produktivitas," harapnya.



Disisi lain Romo Felik Supranoto menyatakan, Blbanyak nilai yang didapatkan dalam tanam padi, tanam padi atau tandur dilakukan dengan mundur. Artinya kita harus memiliki kerendahan hati untuk dapat maju, menanam padi juga dilakukan dengan merunduk yang melambangkan kerja keras untuk memperoleh kemajuan.

"Hal itu kita dapat meningkatkan iman. Tugas manusia adalah menyemai, menanam, dan menyiangi. Selebihnya diserahkan kepada Tuhan. Jadi, untuk maju dan kecukupan, kita perlu beriman, kerendahan hati, dan kerja keras," ucapnya.(nan)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top