Dikendalikan dari Balik Jeruji, Dedy Tanami Lahan 3 Ha Dengan Ganja - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Dikendalikan dari Balik Jeruji, Dedy Tanami Lahan 3 Ha Dengan Ganja

Berita Daerah
dikendalikan dari balik jeruji dedy tanami lahan 3 ha dengan ganja
Polres Pagaralam

MEGAPOLITAN POS, Pagaralam - Seorang petani di kawasan bukit Padi Ampe Kelurahan Candi Jaya Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam Sumatera Selatan, Dedy bin Misnan (36) terancam hukuman 20 tahun penjara, pasalnya warga Kelurahan Besemah Serasan Kecamatan Pagaralam Selatan tersebut bukannya menanam kopi atau tanaman holtikultura lainnya dilahan sekitar 3 hektare yang ia garap, melainkan Dedy menanam ratusan pohon ganja yang jelas-jelas bertentangan dengan undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Terungkapnya keberadaan ratusan pohon ganja diladang milik Dedy yang disatroni Tim Jangan Gurah (Tim Anti Narkotika) Satres Narkoba Polres Pagaralam dipimpin langsung Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara dan Kasatres Narkoba Iptu Regan Kesuma Wardani, Kamis (16/1/20) bermula dari kicauan Robby Dwi Anugrah warga Mekar Alam Kelurahan Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara yang kedapatan menyimpan dan memiliki daun ganja basah seberat 500 gram. Dari pengakuan Robby, polisi melakukan gerak cepat malam itu juga mendatangi pondok kediaman Dedy.

" Dari pengakuan Robby yang kita tangkap pada hari yang sama (kamis, 16/1) dengan barang bukti 500 gram daun ganja basah, diperoleh asal mula barang haram tersebut dari ladang yang digarap Dedy di kawasan perbukitan Talang Padi Ampe, " terang Kapolres saat melakukan jumpa pers dimapolres Pagaralam, Senin (20/1/20).

Masih menurut kapores, dari penggerebekan ladang ganja milik Dedy yang harus ditempuh dengan waktu 4,5 jam berjalan kaki melalui medan perbukitan terjal, polisi berhasil mengamankan 920 batang pohon ganja siap panen, dua baskom berisi daun ganja.

Dalam pengakuan Dedy, selama ia menanam ganja tersebut, sudah tiga kali panen. Salahsatunya yang dijual kepada tersangka Robby. Bibit ganja yang ditanamnya diperoleh dan atas suruhan dari seorang bernama Astin, yang merupakan tersangka kasus narkoba dan ditahan diPolres Lahat.

"Dari hasil penggerebekan, polisi berhasil mengamankan barang bukti 920 batang pohon ganja, menurut pengakuan Dedy, dia disuruh oleh Astin yang sekarang ditahan diPolres Lahat dalam kasus penyalahgunaan narkoba juga," tambahnya.

Dalam jumpa pers yang dihadiri kabagops, kasatres narkoba dan pekerja media di Kota Pagaralam, dihadirkan kedua tersangka Dedy bin Misnan dan Robby Dwi Anugrah bin Hendri, polisi juga memperlihatkan barang bukti berupa daun dan pohon ganja.

" Kedua tersangka dan BB yang kita sita, diamankan dimapolres. Terhadap keduanya kita sangkakan melanggar undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, pasal 111 dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun kurungan," pungkas Dolly Gumara. (JF)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top