Miliki Senpira, Bandit Motor dihadiahi Timah Panas - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Miliki Senpira, Bandit Motor dihadiahi Timah Panas

Berita Daerah
miliki senpira bandit motor dihadiahi timah panas
Petugas

MEGAPOLITANBPIS, Pagaralam - Irawan (39) warga Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan harus berurusan dengan polisi. Pasalnya pria yang tinggal dikontrakannya Jalan Beringin Sakti Kelurahan Ulu Rurah Pagaralam Selatan ini kedapatan memiliki dan menyimpan senjata api rakitan (senpira) jenis pistol laras pendek dikediamnnya.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara melalui Kapolsek Pagaralam Utara AKP Herry Widodo, SH, Selasa (14/1) diruang kerjanya menjelaskan. Terurangkapnya kepemilikan senjata api ilegal oleh Irawan bermula dari laporan seorang warga Kelurahan Bangun Jaya Pagaralam Utara, Wagino (57) yang kehilangan sepeda motor Honda Verza dengan nomor polisi BG 3605 WB warna merah yang diparkir didepan rumahnya pada hari Jum'at (9/8/2019) pukul 22.00 wibb.

"Atas laporan Wagino, Tim Tataika Polsek Pagaralam Utara melakukan penyelidikan dan pencarian ", terang Herry Widodo.

Minimnya informasi yang diperoleh dilapangan serta rapihnya pelaku dalam melancarkan aksinya membuat proses pencarian memakan waktu cukup lama. Setelah mendapat informasi yang akurat dari hasil penyelidikan selama hampir 5 bulan, tim Tataika berhasil mengidentifikasi identitas dan kediaman tersangka. Berbekal informasi yang berhasil dikantongi, selasa (14/1) pukul 03.30 wibb Tim Tataika Satreskrim Polsek PAU dipimpin Kapolsek AKP Herry Widodo, SH melakukan penyergapan danvpenangkapan tersangka Irawan bin Arsan dirumah kontrakanya Jalan Beringin Sakti Kelurahan Ulu Rurah.

" Karena melawan petugas dan berusaha melarikan diri, terpaksa kita ambil tindakkan tegas dan terukur, tersangka kita lumpuhkan dengan timah panas di bagian kaki sebelah kiri ", tambah Kapolsek.

Dari hasil pendalaman dan penggeledahan dirumah tersangka polisi menemukan 1 unit sepeda motor Honda Verza warna merah, 6 buah kunci leter T dan 1 pucuk senjata api rakitan (senpira) jenis pistol laras pendek lengkap dengan sarung beserta 6 butir amunisi.

" Kesemua barang bukti tersebut kita temukan dirumah tersangka, namun terhadap kepemilikan sempira ilegal tersangka tidak mengakui miliknya, menurut tersangka senpira tersebut milik temannya dan kita terus melakukan pendalaman ", ujarnya.

Dari keterangan yang dihimpun, tersangka beserta barang bukti yang sudah diamankan dimapolsek Pagaralam utara tersebut akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Terkait kepemilikan senpira, polisi terus melakukan pendalaman, jika terbukti, maka tersangka akan dijerat dengan undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. (JF)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top