2020 Ekonomi Belum Baik, UMKM Bekerja Ekstra Keras - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

2020 Ekonomi Belum Baik, UMKM Bekerja Ekstra Keras

Peluang Usaha
2020 ekonomi belum baik umkm bekerja ekstra keras
FGD "Prospek Perekonomian 2020 Tantangan dan Peluang bagi UMKM"

Jakarta, (MEGAPOLITANPOS.COM) : Sejak pertengahan tahun 2019, kondisi perekonomian dianggap belum baik, Para pelaku UMKM

di tahun 2020 harus bekerja lebih keras lagi, karena pada 2020 UMKM di Indonesia tantangannya jauh lebih berat. CEO Baba Rafi, Nilam Sari, mengatakan hal itu dalam diskusi dengan tema “Prospek Perekonomian 2020 Tantangan dan Peluang bagi UMKM” di Jakarta, kamis (5/12/2019).

Nilam mengaku sudah merasakan pelemahan ekonomi sejak pertengahan tahun 2019, sehingga ia merasa tantangan di 2020 tidak ringan. Untuk itu, Nilamsari menyarankan masyarakat yang bergerak di UMKM bisa bekerja lebih keras lagi.

“yang perlu saya garis bawahi di tahun 2020 memang UMKM Indonesia saya rasa harus bekerja lebih ekstra keras karena memang kondisi ekonomi belum baik, UMKM harus diarahkan bagaimana tidak hanya menjual barang, karena kalau kita hanya menjual barang hanya mengandalkan margin, padahal the real value adalah bagaimana caranya menambahkan value itu sendiri,” tutur Nilam.

Nilam menjelaskan, value yang dimaksud adalah seperti dengan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Menurutnya, HKI itu adalah keuntungan yang tidak bisa dikesampingkan dalam menjalankan bisnis. Ia lalu mencontohkan apa yang dilakukannya di Baba Rafi. Nilam mengaku tidak hanya menjual kebab atau makanan lainnya, tetapi juga kerja sama dalam bentuk franchise. Hal itu bisa mempercepat keuntungan setelah jatuh bangun mempertahankan bisnisnya.

“Yang kita sebut dengan HKI tadi bagaimana jatuh bangun tadi sistem marketing, logistik dan lain-lain, itu yang mau kita jual kepada pihak ketiga yang kita sebut HKI atau franchise itu,” tukasnya.

Dalam kesempataan yang sama Sekretaris Deputi Produksi dan Pemasaran Danil Asnur mengemukakan digitalisasi UMKM harus segera dilakukan untuk menyesuaikan dengan era saat ini. Ini salah satu upaya agar memudahkan UMKM naik kelas. Sektor pembiayaan dan akses pasar juga harus dipermudah sehingga UMKM benar-benar berkembang dengan baik.

Salah satu upaya digitalisasi UMKM itu bisa dilakukan dengan mengumpulkan sejumlah produk UMKM masuk dalam rumah produksi. “Produk-produk itulah yang kemudian dipasarkan secara digital, produknya harus siap ketika ada orang pesan,” katanya.(AS)

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top