PMI Kota Padang Menerima CPOB Dari BPOM RI - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

PMI Kota Padang Menerima CPOB Dari BPOM RI

Berita Daerah
pmi kota padang menerima cpob dari bpom ri
PMI Kota Padang

MEGAPOLITANPOS.COM, Padang-Satu-satunya Unit Transfusi Darah (UTD) terbaik di Sumatera Barat (Sumbar), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang mendapatkan sertifikat cara pelayanan ibat yang baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia (RI) dan International Organization of Standarization (ISO) 9001 : 2015 dari badan sertifikasi di Hotel Inna Muara, Senin (21/10/2019).

Ketua panitia Widyawarman mengatakan, dengan mendapatkan dua sertifakat tersebut darah yang dikeluarkan PMI Kota Padang sudah termasuk standar Internasional.

"Nah, hal itu harus berada dibawah pengawasan BPOM. Untuk mendapatkan hal itu membutuhkan waktu cukup lama, kurang lebih tiga tahun kita mempersiapkannnya, sehingga darah yang di produksi sudah standar internasional dan darah tersebut aman untuk pasien," jelasnya.

Widyawarman menjelaskan, dengan adanya CPOB ini bagi PMI dan masyarakat akan memberikan manfaat dan jaminan keamanan bagi pasien.

"Untuk proses pengambilan darah, penyimpanan sampai akhir harus sesuai dengan CPOB, diantaranya bagaimana proses mengambil donor, melakukan pemeriksaan darah yang kita ambil, bagaimana cara penyimpanannya, bagaimana pengolahannya, kemudian bagaimana menlayani/menyampailan utk pasien hal itu telah diatur dalam CPOB. Dengan adanya sertifikat BPOB tersebut kita PMI Kota Padang akan memberikan kualitas darah yg terjamin, aman, steril, kemudian bermanfaat untuk pasien," ujarnya.

Disamping itu Kepala BPOM Padang Martin Suhendri menguraikan dalam satu produksi darah harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya, memperhatikan kualitas mutu, personalia, kualifikasi, bangunan,

"Alhamdulillah PMI Kota Padang satu-satunya UTD terbaik di Sumbar dan nomor dua di Sumatera," ucapnya.

Suhendri berharap, PMI kota Padang tidak cepat puas dengan penghargaan yang sudah ada, sebab kedepannya PMI tetap harus menjaga konsistensi aspek-aspek yang telah disampaikan sebelumnya.

Penyerahan sertifikat dilakukan di Hotel Inna Muara Padang oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah.( Bunga)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top