Peringatan Hari Lansia Sedunia, YSLI- KLIBSA Selenggarakan Festival Senam Lansia Indonesia - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Peringatan Hari Lansia Sedunia, YSLI- KLIBSA Selenggarakan Festival Senam Lansia Indonesia

DKI Jakarta
peringatan hari lansia sedunia ysli- klibsa selenggarakan festival senam lansia indonesia
POTO ISTIMEWA

Jakarta,(MEGAPOLITANPOS) : Dalam rangka memperingati hari Lansia sedunia, Yayasan Sahabat Lansia Indonesia(YSLI) melalui KLIBSA(Komunitas Lansia Indonesia, Bugar Sehat dan Aktif)menyelenggarakan Festival Senam Lansia Indonesia di Balaikota DKI Jakarta, Sabtu(19/10/2019). Selain Festival Senam bagi para lansia acara tersebut juga disertakan Pameran Produk-produk UKM serta seminar sosialisasi kesehatan bagi lansia.

“ Peringatan hari lansia menjadi sesuatu yang sangat penting dan itu kita sampaikan pada pak Gubernur Anis Baswedan dan beliau mengapresiasinya, kita mengadakan lomba senam lansia yang tahun ini melibatkan 20 komunitas senam dan seminar setiap tahun bekerjasama dengan RS MMC dan YARSI,” ujar Ketua Pembina YSLI Syilvia Djardjis Husman di sela-sela acara.

Pada tempat yang sama Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta mengungkapkan , Populasi lansia Indonesia diatas 7%, data susenas tahun 2015, jumlah lansia Indonesia 21,5 juta jiwa, namun disayangkan populasi lansia ini belum diimbangi oleh kesiapan pemerintah dalam menyediakan fasilitas umum ramah lansia.

“Data lansia pada 2019 telah mencapai 26 juta orang, yang diperkirakan akan mencapai 65 juta orang pada tahun 2025 kedepan diharapkan pemerintah lebih memberikan perhatian,”katanya

Sementara itu Dr fify mulyani dari Kabid dinas kesehatan DKI Jakarta menuturkan tentang usia harapan hidup, semua dari kita kalau tidak pendek umur akan menjadi lansia.Data BPS DKI angka harapan hidup meningkat di 2010, untuk usia 71 tahun mencapai 72 persen.

“ Dengan ber olahraga 30 menit, hindari rokok dan menjaga pola hidup yang sehat akan menjaga lansia menjadi sehat, bugar dan aktif, DKI mengapresiasi acara ini dan semoga terus berlanjut dan usia boleh bertambah tapi semangat bagaimana mengisi hari-hari dengan berproduktifitas,” katanya.

Perlu diketahui, Hari Lanjut Usia Nasional(Hari Lansia) merupakan salah satuhari pentingdiIndonesiayang diperingati setiap29 Meisebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadaporang lanjut usia.

MenurutUndang-UndangNo. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas. Sebagai wujud dari penghargaan terhadap orang lanjut usia, pemerintah membentukMenko Kesra.

Komnas Lansia dibentuk berdasarkanKeppresNomor 52 tahun 2004 dan bertugas sebagai koordinator usaha peningkatan kesejahteraan sosial orang lanjut usia di Indonesia.(AS)

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top