Bupati Karo Serahkan SK Remisi Kepada 206 Napi di Rutan Kelas II B Kabanjahe - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Bupati Karo Serahkan SK Remisi Kepada 206 Napi di Rutan Kelas II B Kabanjahe

Berita Daerah
bupati karo serahkan sk remisi kepada 206 napi di rutan kelas ii b kabanjahe
Wakil Bupati Karo, Cory Sriwati Sebayang mengucapkan selamat

MEGAPOLITANPOS.COM, TANAH KARO -
Bupati Karo, Terkelin Brahmana menyerahkan Surat Keputusan (SK) Remisi dari Menteri Hukum dan HAM kepada Ka. Rutan Kelas II B Kabanjahe, Simson Bangun, yang dilaksanakan secara simbolis di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara. Sabtu, pagi (17/08/2019).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Kabanjahe Dahlan Tarigan, membacakan Surat Keputusan (SK) Remisi dari Menteri Hukum dan HAM dihadapan peserta kegiatan mengatakan bahwa remisi atau pengurangan masa hukuman sudah menjadi kegiatan rutin di Hari Kemerdekaan RI.

"Momen HUT RI ke-74 kali ini, sebanyak 206 orang narapidana di Rutan kelas II B mendapatkan remisi atau masa pengurangan hukuman." katanya.

Menurutnya, pemberian remisi ini karena mereka sudah menjalani masa hukuman dan berkelakuan baik selama menjalani pidana. Sedangkan untuk yang remisi bebas karena masa penahanannya sudah habis waktunya.

"Pemberian remisi kepada para Napi dirutan kelas II B Kabanjahe, mengacu kepada peraturan berdasarkan PP No. tahun 2006 dan berdasarkan PP No. 99 tahun 2012," terangnya.

Sementara itu, Ka. Rutan kelas II B Kabanjahe, Simson Bangun, menambahkan remisi dari 206 orang tersebut sembilan orang langsung bebas karena otomatis selesai masa hukumannya.

"Pemberian remisi sendiri dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu bagi napi yang mendapat remisi umum I, masa hukumannya dipangkas antara satu hingga empat bulan. Sementara yang mendapat remisi umum II langsung bebas dengan pemotongan masa pidana penjara yang sama dengan remisi umum I," ungkapnya.

Ka. Rutan mengakui bahwa saat ini penghuni para Narapidana di Rutan kelas II B Kabanjahe lebih kurang 450 orang sementara kapasitas hunian hanya untuk 160 orang, jadi melihat kondisi sekarang maka kapasitas Rutan kelas II B Kabanjahe sudah over kapasitas.

Diakhir acara, Bupati Terkelin Brahmana berharap agar napi yang mendapatkan remisi bisa memanfaatkan untuk bisa lebih baik lagi, sebab ini merupakan kepedulian negara dalam rangka memperingati Dirgahayu RI ke-74.

"Sehingga jika mereka nantinya dinyatakan bebas akan kembali dapat beraktifitas sekaligus beradaptasi ditengah masyarakat menjadi orang yang bermanfaat bagi bangsa dan negara." tutupnya. ** (Bz.laia).

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top