Ada Apa di BNNK, Gencar Sosialisasi Kasus Narkoba Masih Tinggi - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ada Apa di BNNK, Gencar Sosialisasi Kasus Narkoba Masih Tinggi

Berita Daerah
ada apa di bnnk gencar sosialisasi kasus narkoba masih tinggi
Hari Anti Narkotika Internasional

MEGAPOLITAN POS.


PAGARALAM - Meskipun Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pagaralam, Sumatera Selatan gencar melakukan upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Psikotropika dan prekusor serta bahan adiktiv lainnya, dengan cara sosialisasi, kampanye, tes urine bahkan rehabilitasi.
Namun, peredaran dan penyalahgunaan barang haram tersebut sepertinya terus merambah berbagai lapisan masyarakat, dan angkanya tergolong cukup tinggi.

Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pelaku tindak pidana baik pengguna maupun pengedar narkotika yang ditangani pihak kepolisian. Menurut catatan Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Kota Pagaralam, hingga bulan Juni 2019 sudah terdapat 25 kasus penyalahgunaan dengan 35 tersangka. Sementara sepanjang tahun 2018 satres narkoba menuntaskan 39 kasus dengan 60 tersangka yang dijebloskan ke penjara. Dengan pelaku yang beragam, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, buruh, karyawan dan ASN.
Angka tersebut tergolong cukup tinggi untuk ukuran kota dengan luas wikayah 633.66 km persegi dan berpenduduk 137.909 jiwa.

Menyikapi masih tingginya angka penyalahgunaan Narkotika di Kota Pagaralam, meski berbagai upaya pencegahan dan penindakkan sudah dilakukan. Kepala BNNK Pagaralam, Andi Kurniawan, S.Sos saat dibincang MP diruang kerjanya, Rabu (26/6) menjelaskan, pihaknya sesuai program BNN, BNNP dan BNNK sudah melakukan upaya maksimal sesuai tugas dan fungsi, yang salahsatunya adalah mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika. Adapun masih tingginya angka kasus yang diungkap pihak kepolisian adalah merupakan hasil kerja keras dan efek dari makin tingginya tingkat kesadaran, kepedulian dan keberanian masyarakat dalam memberikan laporan dan informasi kepada aparat terkait penyalahgunaan narkoba, masyarakat semakin optimis terhadap upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

"Berbagai program BNN sudah kami lakukan sesuai tugas dan fungsi BNN. Jikapun masih ditemukan tingginya jumlah kasus penyalahgunaan narkotika yang berhasil diungkap kepolisian, hal tersebut merupakan prestasi dan kerja keras aparat. Serta semakin tingginya kesadaran, kepedulian dan keberanian masyarakat dalam memberikan informasi dan laporan kepada aparat atas kasus penyalahgunaan narkotika dilingkungan merek, dan masyarakat semakin optimis atas kinerja aparat terkait, " Jelas Andi.

Disinggung mengenai efektivitas tes urine yang dilakukan secara kolektif dan terjadwal terhadap beberapa kalangan masyarakat dan instansi seperti ASN, Kepolisian, Pengadilan, Kejaksaan dan TNI yang telah dilakukan pada beberapa bulan terakhir guna menekan angka penyalahgunaan narkotika, yang banyak menuai kritisi. Kepala BNNK Pagaralam tidak menampik bahwa cara tersebut masih kurang efektif. Kedepan BNNK akan melakukan tes urine secara acak dan tidak kolektif dengan waktu dan tempat yang tidak ditentukan, tentunya dengan berkoordinasi dengan Polres, Pemkot dan instansi terkait.
" Kedepan kita akan melakukan tes urine baik terhadap masyarakat, ASN, Polisi, TNI dan yang lainnya secara acak, artinya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu waktu dan personalnya, akan kita lakukan secara mendadak dalam waktu yang tidak terbatas," terangnya.

Untuk itu, Andi Kurniawan mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjauh dari pengaruh buruk Narkoba. Karena tidak menutup kemungkinan BNNK dengan tiba-tiba melakukan tes urine, dan apabila ditemukan bukti maka akan diambil tindakkan tegas sesuai perundang-undangan, "Selamat Hari Anti Narkotika Internasional ke 31 tahun 2019, Milenial Sehat Bebas Narkotika Menuju Indonesia Emas," Pungkas Kepala BNNK. (JF)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top