Wujud Peduli Lingkungan Dan Siap Hadapi Iklim, Kampung Markissa Pasar Baru Dapat Penilaian Tingkat Nasional - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Wujud Peduli Lingkungan Dan Siap Hadapi Iklim, Kampung Markissa Pasar Baru Dapat Penilaian Tingkat Nasional

Advertorial
wujud peduli lingkungan dan siap hadapi iklim kampung markissa pasar baru dapat penilaian tingkat nasional
Kampung Markissa

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang-Program Kampung Iklim (ProKlim) telah diluncurkan sebagai gerakan nasional, sebagai upaya untuk pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Tanggal 1 Desember 2016.



ProKlim yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012, bertransformasi dari memberikan apresiasi terhadap wilayah administratif paling rendah setingkat RT/RW dan paling tinggi setingkat Kelurahan, menjadi dorongan dan memfasilitasi tumbuhnya Kampung Iklim melalui pengayaan inovasi program adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim yang dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah (Party) dengan “Non Party Stakeholder”.



Selain itu kriteria lokasi ProKlim juga diperluas mencakup wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi secara berkesinambungan. Program kampung proklim sudah tertuang dalam Undang-Undang No 16 tahun 2016 tentang Persetujuan Paris atas Konvensi Kerangka Kerja PBB mengenai Perubahan Iklim. Landasan hukum ProKlim adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.84/MenLHK-Setjen/Kum.1/11/2016 tentang Program Kampung Iklim, dan telah ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Peraturan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Nomor: P.1/PPI/SET/KUM.1/2/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Kampung Iklim.



Salah satunya Kampung Markissa yang berlokasi di wilayah Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Telah melakukan inovasi dalam program Proklim, ini bertujuan dan upaya dalam penguatan untuk mencintai dan peduli terhadap lingkungan, bahkan program tersebut menjadi ikon sebagai kampung pariwisata sekaligus dapat penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Camat Karawaci, Suli Rosadi menjelaskan, Kampung Markisa menjadi salah satu penilaian kampung proklim tingkat nasional. Lantaran Kampung Markisa bagian dari kampung tematik yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara dengan program kampung proklim, warga kampung Markissa telah siap untuk menghadapi perubahan iklim. Selasa (25/06/2019)

"Warga menyadari dalam membangun kampung iklim, harus mempunyai tekat kuat, peduli, keinginan dan mau berubah pola hidup sehat sampai kesiapan pada saat perubahan iklim, karena komponen utama kampung iklim, harus meliputi mitigasi, adaptasi, dan kelompok masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, penilaian kampung proklim tingkat nasional bukan salah satu tujuan untuk mengejar penghargaan, akan tetapi menjadi wujud kebutuhan sebagai kampung tematik yang layak dikunjungi sebagai kampung wisata. Pemerintah sebagai Stakeholder telah menyiapkan sarana yang telah tersedia di antaranya alat pemadam kebakaran api ringan (APAR), tempat sampah, akses lingkungan, alat pengukur cuaca, alat pengukur curah hujan dan instalasi pengolahan air limbah (IPAL).



"Kalau semua terpenuhi maka akan menjadi rujukan wisata, hal ini bisa berdampak kepada perekonomian khususnya warga setempat," imbuhnya.

Sejatinya Kampung Markissa sebagai kampung Iklim dan tematik, disini juga disebut sebagai kampung Pancasila, karena masyarakat menyadari diwilayah Kelurahan Pasar Baru tersebut, berbaurnya bermacam suku dan etnis ini bagian persaudaraan dan ke Bhinekaan. tutupnya. (adv)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top