Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Bakal Bubarkan 65 Koperasi Tidak Aktif - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Bakal Bubarkan 65 Koperasi Tidak Aktif

Peluang Usaha
dinas koperasi dan ukm kota payakumbuh bakal bubarkan 65 koperasi tidak aktif
Poto istimewa

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Payakumbuh, Sumbar : Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh akan membubarkan sekitar 65 Koperasi tidak aktif.

Kabid Koperasi dan UKm Kota Payakumbuh, M.Faizal mengatakan, saat ini jumlah koperasi yang aktif di Kota Payakumbuh sebanyak 80 unit dan yang tidak aktif 65 unit.

" Koperasi yang tidak aktif ini sedang dalam proses pembubaran. Kita mengejar kualitas bukan kuantitas," ujar Faizal pada wartawan, Rabu (19/06/2019).

Menurut Faizal, tahun 2018 Koperasi yang sudah RAT sebanyak 75 persen, sedangkan koperasi yang tidak aktif merupakan koperasi yang lama.

" Koperasi yang tidak aktif ini disebabkan karena tidak adanya bantuan kredit dari pemerintah, bahkan ada koperasi yang menerima bantuan kredit dulunya banyak bermasalah," katanya.

Rizal mengungkapkan masalah koperasi yang tidak aktif tersebut disebabkan hanya karena mengandalkan unit usaha simpan pinjam saja, sementara koperasi tersebut dihadapkan pada masalah pinjaman yang kreditnya macet.

" Ada koperasi di Kota Payakumbuh yang berdiri, namun tidak mengerti tentang koperasinya, padahal selama ini upaya pembinaan koperasi telah dilakukan," terangnya.

Selanjutnya kata Faizal pihaknya akan melakukan perubahan mindset dalam melakukan pembinaan perkoperasian, selama ini yang dilakukannya dalam pengawasan kelembagaan hanya pembinaan saja.

" Kita akan turun kelapangan tidak hanya untuk melakukan pembinaan tapi pendekatan yang memiliki kekuatan untuk memotivasi, selain itu diperlukan juga pelatihan pendidikan bagi dinas untuk melakukan pembinaan," tukasnya

Faizal menambahkan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Payakumbuh berjumlah 1.732 , UMKM berjumlah 19.000, kebanyakan usaha mereka terdiri dari Penjual makanan ringan,

" dari jumlah IKM dan UMKM tersebut baru 30 persen yang dikelola oleh Koperasi," imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera barat,Yusrizal Can mengatakan, Pemkot Payakumbuh melalui Dinas Koperasi dan UKM tidak perlu memaksakan masyarakat untuk berkoperasi ,tetapi butuh kesadaran mereka untuk berkoperasi membangun dari bawah.

" Pembentukan koperasi perlu langkah yang hati- hati, karena banyak koperasi yang dibentuk ternyata tidak aktif," pungkas Yusrizal. ****( AS).

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top