Sebanyak 40 Kades Di Kabupaten Pamekasan, Purna Tugas Siap Laksanakan Pilkades Serentak 2019 - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Sebanyak 40 Kades Di Kabupaten Pamekasan, Purna Tugas Siap Laksanakan Pilkades Serentak 2019

Berita Daerah
sebanyak 40 kades di kabupaten pamekasan purna tugas siap laksanakan pilkades serentak 2019
Kepala DPMD Pamekasan Ach Faisol

MEGAPOLITANPOS.COM, Pamekasan-Masa purna tugas Kepala Desa di Kabupaten Pamekasan sudah habis, yang artinya mereka tidak punya wewenang dan jabatannya diganti oleh Aparat Sipil Negara ( ASN).

Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Pamwkasan sedikitnya terdapat 40 desa yang masa tugasnya purna. Sedangkan pasca pelaksanaan Pilkades akan dilaksanakan usai lebaran.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Muttaqin mengungkapkan kalau purna tugas Kades akan dijabat oleh Pejabat Pemkab.

"Sebanyak 40 Desa yang akan menduduku posisinya purna tugas Kades yang diduduki oleh Pejabat (Pj) yang berasal dari Aparat Sipil Negara (ASN)," katanya.

Menurutnya, dalam tugas purna Kades pihaknya harus mengangkat Pj untuk mengisi masa transisi pemerintah desa, dan untuk Pj yang diangkat tidak mesti dari pegawai Kecamatan, hal ini bisa dari ASN desa setempat dan yang terpenting ASN mengerti akan cara memimpin desa.



"Sedangkan untuk Pejabat Kades bagu desa yang masa jabatannya Kades yang purna tugas sebelum pelaksanaan Pilkades. Hal ini tidak boleh kosong untuk pimpinan du desa yang Kadesnya purna tugas," paparnya.

Sementara Pelaksanaan Pilkades serentak di tahun ini diketahui sudah ketiga kalinya yang digelar oleh Pemkab Pamekasan. Dan terdapat 93 desa yang akan melaksanan Pilkades.

Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 terbilang terbanyak dibanding dengan tahun sebelumnya, dan dalam pelaksanaan Pilkades nanti menunggu penetapan dari Bupati Pamekasan.

"Diketahui untuk Pilkades serentak pertama diikuti sejumlah 71 desa di tahun 2015, lalu di tahun 2017 Pilkades serentak sebanyak 13 desa dan untuk tahun 2019 perencanaan pelaksanaannya selesai lebaran akan kami mulai sosialisasi ke desa-desa, jelas Muttaqin.

Sementara Baddrut Tamam mengatakan, untuk waktu pelaksanaan Pilkades sebetulnya sudah ditetapkan, namun tidak sempat disosialisasikan dan rencananya dibula September namun tidak nutut untuk disosialisasika , dan ditetapkan pada 2 Oktobee,pungkas Bupati Pamekasan.(Dyh).



Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top