Sumpah Palapa Sang Mahapatih Gajah Mada, Jadikan Semangat Harkitnas ke 111 - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Sumpah Palapa Sang Mahapatih Gajah Mada, Jadikan Semangat Harkitnas ke 111

Berita Daerah
sumpah palapa sang mahapatih gajah mada jadikan semangat harkitnas ke 111
Upacara Peringatan Harkitnas 111

MEGAPOLITANPOS.COM, Majalengka -
Pemerintah Kabupaten Majalengka, peringati Hari Kebangkitan Nasional ke 111, mengingatkan sejarah "Amukti Palapa" akan lahirnya persatuan Indonesia dengan semangat Sang Mahapatih Gajah Mada dalam menyatukan Wilayah Nusantara hingga menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi dalam amanatnya mengatakan, meski pengertian Amukti Palapa belum bisa dijalaskan makna pastinya. Namun, para ahli menyebut hal itu merupakan laku prihatin Sang Mahapatih Gajah Mada dalam Sumpah Palapanya bahwa ia rela berpuasa ataupun mati demi mempersatukan nusantara.



"Maka sangatlah relevan jika makna teks yang terdapat dalam Sumpah Palapa dijadikan semangat Bangkit untuk Bersatu, pada peringatan ke 111 di Hari Kebangkitan Nasional kali ini." kata, Bupati H. Karna Sobahi saat menjadi inspektur upacara Harkitnas ke 111, di Alun Kota Angin, Kabupaten Majalengka. Senin, (20/05/2019)

Bupati menambahkan, situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat jangan sampai mengoyak persatuan sosial kita.

"Harkitnas kali ini bertepatan pula dengan bulan Ramadhan, mari pastikan dan niatkan untuk kebaikan bangsa karena tidak ada kemaslahatan jika dipertajam."harapnya.

Diakhir, Bupati H. Karna Sobahi menegaskan, bangsa ini adalah bangsa yang besar. Oleh sebab itu, harus terus menghidupi semangat persatuan cita cita terdahulu.

"Kita bangkit dan bersatu dalam keberbedaan, identitas lokal masing masing akan selalu menyatu dalam kebersatuan kita ditingkat nasional."tutupnya. ** (Sigit)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top