4 Tahun Relawan Kesehatan Indonesia, Rakyat Makin Sulit Mendapat Perlindungan Dari Negara - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

4 Tahun Relawan Kesehatan Indonesia, Rakyat Makin Sulit Mendapat Perlindungan Dari Negara

Peristiwa
4 tahun relawan kesehatan indonesia rakyat makin sulit mendapat perlindungan dari negara
4 Tahun Rekan Indonesia

Megapolitanpos.com. Jakarta. Tidak terasa 10 Desember nanti bertepatan dengan peringatan Hari HAM Sedunia, Relawan Kesehatan Indonesia (Rekan Indonesia) telah memasuki usia 4 tahun. Selama kiprahnya Rekan Indonesia telah banyak membantu rakyat yang mengalami kesulitan dalam mengakses baik layanan kesehatan maupun jaminan kesehatan. Selama 4 tahun pula Rekan Indonesia terus meningkatkan dedikasinya dalam mengemban tugas pendampingan terhadap rakyat.

Panas dan hujan hampir tak menjadi halangan bagi kader relawan Rekan Indonesia dalam melakukan pendampingan kepada rakyat. 24 Jam dalam sehari hampir seluruh kader relawan Rekan Indonesia diseluruh Indonesia selalu siap datang menhampiri rakyat yang mengalami kesulitan dalam mengakses hak layanan kesehatan dan hak jaminan kesehatannya.

Hambatan paling krusial yang sering dihadapi oleh kader relawan Rekan Indonesia adalah menghadapi sengkarutnya peraturan yang dikeluarkan oleh BPJS yang sering tidak sinkron dengan SOP RS, sehingga rakyat peserta BPJS sering mengalami kendala dalam mengakses hak layanan kesehatan dan hak jaminan kesehatan.

Masih ada rakyat yang harus berujung pada kematian ketika jaminan kesehatannya ditolak hanya karena terlambat 3x24 jam membuat jaminan kesehatannya, masih ada rakyat yang harus meregang nyawanya akibat ditelantarkan oleh RS hanya karena dirinya adalah peserta BPJS. Ironisnya, semua masalah tersebut lebih dikarenakan tidak adanya koordinasi yang jelas dan tepat antara BPJS dan RS. Belum lagi puluhan mungkin ratusan rakyat peserta BPJS yang harus mengeluarkan uang hanya untuk obat dan pelayanan yang seharus di cover namun oleh RS dikatakan tidak di cover oleh BPJS.

Agung Nugroho, Ketua Nasional Rekan Indonesia dalam keterangan persnya (8/12) di Jakarta mengatakan “semakin hari posisi rakyat semakin terpinggirkan, dan saat ini rakyat sedang dalam upaya dipinggirkan dalam hal pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan akibat semakin dibukanya pintu liberalisasi yang semakin deras menyapu hak kesejahteraan sosial rakyat”

“Dengan semakin terbuka luasnya pintu lberalisasi maka semakin melepaskan tanggungjawab negara terhadap peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial terhadap rakyat. Liberalisasi yang juga didukung oleh undang-undang liberal juga semakin menguatkan peran negara dalam melepaskan tanggungjawabnya peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial kepada rakyat” kata Agung Nugroho.

“Jelas ini semakin menyulitkan rakyat untuk mendapatkan perlindungan dari negara, karena pemerintah sebagai pihak yang bertanggungjawab memberikan perlindungan kepada rakyatnya lebih melindungi kepentingan pemodal demi menjalankan program liberalisasi tersebut”

“Sehingga tidak ada jalan lain bagi rakyat agar dapat melindungi dirinya sendiri, dengan berhimpun, membicarakan problemnya dan mencari jalan keluar sendiri dari problem tersebut...sampai pada titik akhir dari jalan keluar tersebut adalah PERLAWANAN SEMESTA untuk mengakhiri sistim tua nan lapuk ini.” Ungkap Agung Nugroho.

Dalam merayakan hari ulang tahun yang ke 4 ini, Rekan Indonesia akan menggelar berbagai kegiatan yang dipusatkan di semua KPW Rekan Indonesia di 18 provinsi. Dengan menggelar kegiatan seperti : Dialog Publik, Donor Darah, Pengobatan Gratis dan Santunan Yatim Piatu, Maju terus Rekan Indonesia ! Bersama Rakyat Bangun Dan Perluas Organisasi. (az)


Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top