Kreatif, Polisi Ini Manfaatkan Peluang Berbisnis Kopi Olahan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kreatif, Polisi Ini Manfaatkan Peluang Berbisnis Kopi Olahan

Berita Daerah
kreatif polisi ini manfaatkan peluang berbisnis kopi olahan
Bisnis Kopi

MEGAPOLITANPOS, Pagaralam.Selain memiliki panorama alam pegunungan yang eksotis, dengan hamparan hijau perkebunan Teh laksana permadani, Kota Pagaralam juga merupakan penghasil Kopi Robusta terbesar dengan kualitas terbaik di Indonesia. Tak pelak, peluang ini banyak di lirik oleh pebisnis kopi untuk mengais keuntungan.

Adalah Miladi Susanto, seorang Polisi berpangkat Brigadir Kepala (Bripka) yang berdinas dibagian Sumda Polres Pagaralam Sumatera Selatan yang mencoba keberuntungannya lewat kecintaanya pada kopi.

Diceritakan Miladi, awal ketertarikkanya pada kopi ditahun 2013 silam, manakala ia melihat hasil panen kopi robusta petani yang begitu melimpah, sedangkan mereka langsung menjualnya berupa biji kering kepada 'Taukeh Kopi' tanpa diolah terlebih dahulu, padahal potensi kopi olahan di Pasar Indonesia sangat menjanjikan.

" Motivasi dan analisa inilah yang menantang saya bersama teman, untuk menggeluti dan mencoba berbisnis kopi olahan berupa kopi bubuk," tutur Miladi.

Demi memulai usahanya, Miladi pun mempersiapkan segala sesuatu, mulai dari alat untuk menggoreng kopi secara manual yang menggunakan kayu bakar, sampai alat giling yang kesemuanya ia rangkai sendiri," Inilah awal mula saya menekuni bisnis kopi olahan berlebel Kawah Dempo, kecil-kecilan mas, saya racik sendiri dan peralatan saya rangkai sendiri. Hampir satu bulan lebih waktu yang saya butuhkan untuk persiapan dan dengan biaya berkisar antara 25 sampai 30 juta rupiah yang saya rogoh dari kocek sendiri, mulailah saya memproduksi kopi diluar waktu dinas. Sayapun banyak belajar tentang seluk beluk cara meracik kopi, hasilnya saya minta teman-teman, saudara dan tetangga untuk mencicipi dan mencoba, setelah yakin dengan hasilnya barulah saya memproduksi dalam jumlah banyak," kisahnya.

Buah dari ketelatenan dan kerja keras yang dibangun sejak tahun 2013, berangsur membuahkan hasil, Kopinya mulai dapat dinikamati oleh para pencinta kopi di penjuru tanah air. Tak kurang 200 kilogram perbulan kopi Kawah Dempo dikirim, bukan saja diwilayah Pagaralam, namun sudah merambah ke berbagai Kota seperti Palembang, Bangka, Jakarta, Bandung, Surabaya dan beberapa kota lainnya.

Pada tahun 2016, Miladi lebih memberanikan diri dengan mengembangkan usahanya. Ia memodernisasi semua peralatan, mulai dari pengeringan, sortir, sistem sangrai, penggilingan dan pengemasan semua sudah menjadi lebih baik, dengan tidak mengurangi cita rasa kopi tentunya. Bahkan sebagian produksinya menggunakan buah kopi yang bebas pupuk dan vestisida, serta dipetik buah merahnya saja.

"Soal rasa, Kopi Kawah Dempo berani diuji. Karena untuk setiap cangkir kopi, dibuat melalui proses panjang, mulai dari pengolahan pasca panen hingga ke penyajian akhir benar-benar dilakukan sesuai standar cita rasa kopi, dan tentunya juga aman karena sudah terdaftar pada Dinas Kesehatan Kota Pagaralam dengan Nomor Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) No. 8101673020140-21," Jelas Miladi.

Kini, dengan omset perbulan mencapai Rp 14 juta, dari produksi kopi berbagai jenis seperti, kopi luak, kopi kelelawar, kopi lanang atau kopi biji tunggal, kopi premium dan kopi pelangi. Selain membuka gerai di Objek Wisata Tangga 2001, Gunung Dempo Pagaralam, Miladi juga memasarkan kopinya melalui media online seperti Buka lapak, media sosial Facebook atas nama 'Miladi Susanto'. Selain itu, produk Kopi Kawah Dempo sering disertakan pada berbagai pameran yang disponsori oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Pagaralam. (JF).

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top