Pengelolaan Sampah, Masih Menjadi Isu Prioritas FGD Kota Pagaralam - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pengelolaan Sampah, Masih Menjadi Isu Prioritas FGD Kota Pagaralam

Berita Daerah
pengelolaan sampah masih menjadi isu prioritas fgd kota pagaralam
TPA Padang Karet Kota Pagaralam, Saat Ditinjau Walikota Pagaralam.

MEGAPOLITANPOS.COM – Pagaralam Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya (Green Leadership). Penghargaan ini dinilai berdasarkan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). Penghargaan Nirwasita Tantra merupakan piala bergilir yang dikompetisikan setiap tahun bagi seluruh daerah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pagaralam, Joni, SE, MM pada pembukaan Focus Group Discussion (FGD) untuk menjaring dan menetapkan isu prioritas bidang lingkungan hidup Kota Pagaralam tahun 2018 di ruang rapat DLH, Selasa (26/2/2019).

"IKPLHD merupakan dasar penilaian penghargaan Nirwasita Tantra yang ditetapkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup," kata Joni.

Sementara itu, kepala bidang Penataan dan penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) DLH Kota Pagaralam yang sekaligus menjadi pimpinan diskusi, Bonsen Hendi, ST menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini (FGD red) adalah untuk memberikan gambaran dan uraian secara jelas dan rinci mengenai data dan informasi berdasarkan isu prioritas lingkungan melalui proses konsultasi publik penjaringan isu prioritas dan melakukan analisi berdasarkan data yang telah dilakukan sepanjang tahun 2018, serta memuat inisiatif yang dilakukan dalam upaya perbaikan kualitas lingkungan, perbaikan kualitas sumber daya alam dan perbaikan tata kelola lingkungan yang nantinya akan dituangkan kedalam dokumen IKPLHD.

"Untuk Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah pada tahun 2017, Kota Pagaralam mendapatkan peringkat ke 2 tingkat Provinsi Sumatera Selatan," ungkap Bonsen.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri hampir seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Pagaralam, Pemerhati Lingkungan dan pihak terkait lainnya seperti PTPN 7 sebagai pemegang HGU Perkebunan Teh Gunung Dempo, dijaring beberapa isu prioritas terkait lingkungan hidup, yang didominasi oleh isu masalah Pengelolaan Persampahan, alih fungsi lahan dan kerusakan Hutan. (JF)

Screenshot-2020-02-28-14-00-06-861-com-whatsapp

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top