RSUD Kabupaten Tangerang Layani Cuci Darah 1200 Pasien Tiap Bulan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

RSUD Kabupaten Tangerang Layani Cuci Darah 1200 Pasien Tiap Bulan

Kab Tangerang
rsud kabupaten tangerang layani cuci darah 1200 pasien tiap bulan
Ruang Hemodialisa

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang - Hemodialisa RSUD Kabupaten Tangerang mencatat melayani pasien yang ditangani untuk cuci darah sebanyak 1.157 sampai 1.200 pasien setiap bulan. Untuk saat ini Hemodialisa tidak lagi melayani daftar tunggu. Hal tersebut di ungkapkan Leli Kepala Ruangan Hemodialisa saat di temui di ruanganya, Rabu (16/01/2019).

Leli mengatakan, setiap pasien yang dirawat di hemodialisa harus melakukan cuci darah, sekali atau dua kali satu minggu selama dirawat dicuci, setelah pulang kontrol lalu minta cuci darah sebagai pasien rutin.

"Untuk kategori penyakit pasien yang perlu melakukan cuci darah diantaranya : Hipertensi, Diabetes, Dehidrasi berat, keracunan alkohol atau keracunan lainnya, dan kista pada ginjal," ujarnya.

Jumlah mesin cuci darah yang di miliki saat ini ada 28 unit untuk melayani pasien yang terkena inspeksius dan non inspeksius. 26 mesin untuk yang non inspeksius, dan yang 2 mesin lagi untuk yang inspeksius. Untuk melayani pasien cuci darah sebaiknya setiap rumah sakit mempunyai mesin cuci darah yang mempunyai pasien infeksius tidak hanya di RSUD saja.

"Saya ingin lebih mengembangkan lagi pasien-pasien yang kena gagal ginjal, karena cuci darah itu salah satu dari terapi ginjal pengganti. Jadi pasien-pasien yang ginjalnya sudah rusak terminal, terapi ginjal penggantinya itu bukan hanya cuci darah saja, tetapi dengan Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD). CAPD itu bisa mandiri, jadi cuci darah yang melalui perut kalo kata orang awam bilang, jadi tidak bergantung pada mesin hemodialisis, sehingga dengan adanya CAPD itu insyaallah kemungkinan kita bisa lebih banyak melayani dan menolong pasien-pasien yang mengalami gagal ginjal terminal," katanya.(Syifa)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top