Petani Kabupaten Tangerang Butuh Pengairan Baik - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Petani Kabupaten Tangerang Butuh Pengairan Baik

Kab Tangerang
petani kabupaten tangerang butuh pengairan baik
Ilustrasi

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang - Kondisi pengairan yang belum di perbaiki sulitnya mendapat pupuk subsidi, Dan dalam sektor pertanian perlu terobosan baru baik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di bidang Perikanan, hasil laut dan Pertanian. Jum'at (21/12/2018).

Melihat kondisi tersebut, maka sudah sepatutnya Pemerintah Kabupaten Tangerang dan seluruh pemangku kepentingan yang terkait di sektor pertanian melakukan terobosan yang inovatif melalui berbagai program kerja yang dilakukan secara terarah dan berkesinambungan. Seluruh potensi yang dimiliki seperti anggaran Sumber Daya Manusia (SDM), serta kesediaan lahan yang dimiliki Tangerang harus dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin.

"Program kerja yang dilakukan secara terarah sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) Petani dan nelayan meningkat," kata Ketua Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara (Himaputra) Ahmad Satibi.

Abil sapaan akrab Ahmad Satibi mengatakan, Setidaknya terdapat dua kendala utama yang selama ini telah kita ketahui bersama menjadi penghambat berkembangnya sektor pertanian di Tangerang, Pertama, rendahnya harga jual dan daya serap di pasaran terhadap produk pertanian lokal. Penyebab sulitnya petani lokal memasarkan hasil produksinya selama ini. Antara lain disebabkan melimpahnya hasil produksi petani lokal pada saat tertentu (over supply), panjangnya rantai distribusi yang membuat selisih harga di tingkat petani dan konsumen menjadi besar, serta tingginya angka impor produk pertanian dengan harga yang relatif lebih rendah dari produk lokal.

"Sulitnya petani lokal dalam memasarkan hasil panen, panjangnya rantai ditribusi yang membuat selisih harga yang relatif rendah dari produk lokal," jelasnya.

Lebih lanjut lagi, Untuk mengatasi hal tersebut, satu cara yang dapat ditempuh yaitu melalui kehadiran Pemerintah dalam proses penyerapan hasil produksi pertanian, sehingga dapat memberikan kepastian harga jual kepada petani. Dalam hal ini Peranan Lembaga seperti Badan Usaha Logistik (Bulog) dapat dioptimalkan guna menampung hasil produksi petani, sehingga harga jual produk pertanian dapat lebih stabil dan tidak merugikan petani.

"Peran Pemerintah sanget penting, untuk meningkatkan hasil pertanian saat musim tanam dan saat musim panen, agar petani makmur dan sejahtera," tandasnya.(sul)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top