Himaputra Minta Pemkab Tangerang Berikan Konpensasi Terhadap Warga Sekitar TPA - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Himaputra Minta Pemkab Tangerang Berikan Konpensasi Terhadap Warga Sekitar TPA

Kab Tangerang
himaputra minta pemkab tangerang berikan konpensasi terhadap warga sekitar tpa
Abil

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang - Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara (Himaputra) mendesak agar secepatnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memberikan kompensasi terhadap warga yang bertempat tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatiwaringin Kecamatan Mauk, Rajeg dan Sukadiri.

Ketua Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara (Himaputra) Ahmad Satibi, mengatakan jika pengelolaan sampah yang menempati lahan seluas 20 hektar tersebut dan anggaran yang cukup dikatakan besar tersebut tidak bisa memberikan kompensasi kepada warga sekitar. Selasa (11/12/2018).

Padahal sudah jelas ada regulasi yang mengatur akan dana kompensasi buat warga yaitu yang tertuang di dalam Perda Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Tinja dan Sampah, namun seakan Perda tersebut kini menjadi mandul.

“Saya dan teman-teman yang bergerak di Himaputra ingin dana kopensasi warga segera diberikan, bukan sekedar janji belaka yang warga terima sampai sekarang,” ungkapnya.

Ahmad Satibi Pria yang akrab disapa Abil ini mengingatkan regulasi-regulasi yang mengatur dana kompensasi untuk warga yang terdampak dari TPA Jatiwaringin bukan hanya pengobatan gratis saja.

Kendati demikian, jika memang Pemkab Tangerang tak ingin atau tak sanggup untuk memberikan dana kompensasi kepada warga, ia ingin TPA dipindahkan ke tempat yang tak padat penduduk.

“Jika Pemkab tak bisa memberikan dana kompensasi dan juga tak bisa memindahkan lokasi TPA, seharusnya Pemkabdalam hal ini mengadakan teknologi ramah lingkungan sesuai dengan Perda tersebut,” papar Abil.

Tak hanya tertuang di Perda saja, namun regulasi yang mengatur dana kompensasi untuk warga pun diatur di dalamUndang-Undang RI nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah yang tertuang pada BAB I di point nomor 9 bahwa Konpensasi adalah pemberian imbalan kepada orang yang terkena dampak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatan penanganan sampah di tempat pemerosesan akhir sampah.

“Kami khawatir jika ini dibiarkan terus-menerus akan berdampak menjadi semakin buruk kepada kesehatan warga yang bertempat tinggal di wilayah TPA Jatiwaringin,” tukasnya.(sul)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top