Berdasarkan Survei P3M NU, BIN Rilis 41 Masjid Terpapar Radikalisme - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Berdasarkan Survei P3M NU, BIN Rilis 41 Masjid Terpapar Radikalisme

Peristiwa
berdasarkan survei p3m nu bin rilis 41 masjid terpapar radikalisme
POTO ISTIMEWA

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta : Badan Intelijen Negara (BIN) merilis ada 41 Masjid di lingkungan kantor pemerintah yang terpapar pahamradikalisme. Data itu berdasarkan hasil survei P3M Nahdlatul Ulama yang diterima BIN.

Juru Bicara BIN, Wawan Hari Purwanto menjelaskanhasil survei itu merupakan peringatan dini yang akan ditindaklanjuti dengan pendalaman dan penelitian lanjutan oleh BIN.

"Keberadaan masjid di Kementrian/Lembaga dan BUMN perlu dijaga agar penyebaran ujaran kebencian terhadap kalangan tertentu melalui ceramah-ceramah agama tidak mempengaruhi masyarakat dan mendegradasi Islam sebagai agama yang menghormati setiap golongan," kata Wawan, Minggu (18/11/2018).

Wawan juga tak menampik, mengenai data ada tujuh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terpengaruh paham radikalisme. Bahkan 39 persen mahasiswa di 15 provinsi di Indonesia tertarik paham radikal. Daerah itu di antaranya Jawa Barat, Banten, Lampung, Sulawesi Utara, Kalimantan Tengah, dan Riau.

"Namun data PTN dimaksud hanya disampaikan kepada Pimpinan Universitas tersebut untuk evaluasi, deteksi dini dan cegah dini, tidak untuk konsumsi publik, guna menghindari hal-hal yang merugikan universitas tersebut," katanya.

Sebelumnya, Staf Khusus Kepala BIN Arief Tugiman menyatakan ada 500 masjid di seluruh Indonesia yang terpapar paham radikalisme. 41 dari 500 masjid itu disebut berada di kompleks kantor pemerintahan.

Menurut Tugiman, masjid terpapar radikalisme di kantor kompleks pemerintahan itu adalah kantor kementerian, lembaga, dan BUMN. Namun, dia tidak menyebut detail kementerian, lembaga, dan BUMN yang dimaksud.

"Berdasarkan level radikalisme dari 41 masjid tersebut, 7 masjid kategori rendah, 17 masjid kategori sedang dan 17 masjid kategori tinggi," ucap Tugiman. (AS)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top