Himaputra Desak Gubernur Banten Selesaikan Kali Cirarab - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Himaputra Desak Gubernur Banten Selesaikan Kali Cirarab

Kab Tangerang
himaputra desak gubernur banten selesaikan kali cirarab
Ilustrasi

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang - Aktivis Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara (Himaputra) mendesak Gubernur Banten untuk Memfasilitasi Pemkot Tangerang dan Pemda Kabupaten Tangerang untuk segera mencari solusi persoalan kali cirarab yang sudah tercemar oleh limbah industri dan menindak tegas pengusaha yang mencemari lingkungan, Rabu (3/10/2018).

Ketua Himaputra, Ahmad Satibi mengatakan, Sungai Cirarab yang diketahui berada didua wilayah Pemerintah Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, untuk Kota Tangerang dilintasi dua Kecamatan yaitu Jati Uwung dan Periuk sedangkan Kabupaten dilintasi didelapan kecamatan yaitu Mauk, Sukadiri, Sepatan, Rajeg, Pasar Kemis, Cikupa, Curug dan Legok itu, mulai tercemar sejak 30 tahun terakhir.

“Persoalan ini sudah terlalu lama. Kami berharap pemerintah punya solusi kongkrit dalam menangani persoalan ini. Karena berdampak kepada kesehatan masyarakat sekitar Kali Cirarab,” kata Ahmad Satibi, Rabu (3/10/2018).

Dijelaskannya, Gubernur Banten seharusnya segera mempasilitasi dua Kepala daerah yaitu Wali Kota Tangerang dan Bupati Tangerang untuk duduk bersama menyelesaikan persoalan Kali Cirarab yang sudah berdampak kepada warga yang mengalami gangguan Instalasi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) juga harus menghirup bau tak sedap yang muncul dari Kali Cirarab setiap harinya.

Ditegaskannya, Kali Cirarab kata Abil sapaan akrab Ahmad Satibi, juga berdampak kepada para nelayan karena dari limbah industri tersebut sehingga pendapatan nelayan berkurang. Hal itu sebagai efek dari limbah domestik maupun limbah cair, yang dibuang pihak perusahaan tersebut ke Kali Cirarab.

“Saya berharap Gubernur Banten agar segera mencari solusi sungai cirarab yang sudah bau, Kepala daerah agar segera menggugat para pengusaha nakal yang membuang limbahnya tanpa proses IPAL (Intlansi Pembuangan Air Limbah) sesuai dengan UU No. 32 tahun 2009 tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup,” ujar Ahmad Satibi Ketua Himaputra.

Dikatakannya, perlu ada kerjasama antara pengusaha dengan pemerintah untuk menyelesaikan persoalan Kali Cirarab yang kini sudah tidak sehat lagi untuk masyarakat sekitarnya.

"Ia berharap Pemprov Banten Sinergritas untuk menyelesaikan Kali Cirarab dengan Pemkot Tangerang dan Pemda Tangerang serta pengusaha, supaya segera selesaikan Kali Cirarab," tukasnya.(sul)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top