Rekan Indonesia Jaksel Gelar Dialog Publik Dan Screening Kesehatan Di Pejaten Timur - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Rekan Indonesia Jaksel Gelar Dialog Publik Dan Screening Kesehatan Di Pejaten Timur

Peristiwa
rekan indonesia jaksel gelar dialog publik dan screening kesehatan di pejaten timur
Dialog Publik Rekan Indonesia Jaksel

Jakarta. Rekan Indonesia Jakarta Selatan (Jaksel) hari ini (2/9) menggelar acara Dialog Publik Dan Screening Kesehatan IVA Test Gratis di RW 09 Kelurahan Pejaten Timur.

Acara ini digelar bekerjasama dengan BPJS Jaksel, Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, Kelurahan Pasar Minggu dan Majlis Taklim HIWATUSY SYABAAB.

Tujuan diadakan acara ini menurut Adi Sulistiono, ketua Rekan Indonesia Jaksel adalah untuk mensosialisasikan hak jaminan kesehatan dan hak pelayanan kesehatan kepada warga agar hak tersebut dipahami betul sehingga saat berobat dan mengurus jaminan kesehatan tidak menemui kendala.

Masih menurut Adi Sulistiono, selain itu juga untuk mensosialisasikan preventif dan promotif dalam program kesehatan di DKI.

Sementara itu kepala puskesmas kecamatan Pasar Minggu, Dr. Susi Susilowati mengatakan dalam sambutannya mengatakan bahwa fokus jajaran kesehatan DKI saat ini adalah pada preventif dan promotif dan untuk menunjang itu maka jajaran kesehatan DKI membutuhkan peran partisipasi aktif warga untuk dapat melakukan pendataan kebutuhan sosialisasi apa yang dibutuhkan warga, sehingga jajaran kesehatan mengetahui informasi apa yang harus disosialisasikan kepada warga terkait dengan preventif dan promotif kesehatan.

"Kalau kuratif kita sudah memaksimalkannya melalui Puskesmas dimana berobat di puskesmas sudah gratis sekarang ini di DKI asal punya EKTP DKI" ujar dr. Susi Susilowati.

"Sehingga saat ini kita lebih mengoptimalkan data kesehatan warga melalui screening kesehatan serta upaya pencegahan terhadap penyakit misalnya kanker mulut rahim" tambah dr. Susi Susilowati.

Dalam dialog publik sendiri hadir pembicara dr. M. Khatib, dr. Ira dari Dinkes Kesehatan DKI. Siska Amelia dari KC BPJS Jaksel serta dr. Ratna dari RSUD Pasar Minggu.

Dialog berlangsung dinamis, peserta dialog sangat antusias mengajukan pertanyaan. Sebagian peserta lebih banyak menanyakan tentang prosedur pelayanan dan jaminan kesehatan terutama dalam hal kendala kepesertaan BPJS serta juga menanyakan terkait rujukan dan ambulans.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top