Prihatin Memudarnya Budaya Karo, Diadakan Diskusi Merajut Kebersamaan Dan Keakraban - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Prihatin Memudarnya Budaya Karo, Diadakan Diskusi Merajut Kebersamaan Dan Keakraban

Berita Daerah
prihatin memudarnya budaya karo diadakan diskusi merajut kebersamaan dan keakraban
Diakusi Bupati Karo dan tokoh masyarakat

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Karo-Bupati Karo Terkelin Brahmana ,SH didampingi istri Sariati Terkelin Brahmana hadir dalam Merajut Kebersamaan dan Keakraban bersama ketua Moderamen GBKP dan mantan Bupati Karo DD. Sinulingga, di kediaman rumah pribadi DD.Sinulingga (28/07) 2018 pukul 19.00 Wib di jalan Letnan Rata Perangin-Angin Kabanjahe.

DD Sinulingga Mantan Bupati Karo yang pernah menjabat 2 periode mengatakan dalam diskusi merajut kebersamaan dan Keakraban tersebut menghasilkan pembahasan seputar Tanah Karo, beberapa point diantaranya, kepedulian terhadap memudarnya budaya Karo, tingginya HIV/ AIDS di Karo, perlunya dibuat rumah singgah di Karo, nasionalisme dan rasa kebangsaan,"dan mawas diri akan menyusupnya paham,"radikalisme yang sudah mengguncang NKRI," katanya.

Menyahuti pembicaraan tersebut Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi semua yang dilontarkan oleh tokoh masyarakat, dan tokoh agama,"mereka adalah senior kita, seperti Pak DD.Sinulingga, dia sudah paham pekerjaan pemerintahan,'' ucap Terkelin.

Menurut Terkelin mengenai memudarnya budaya Karo sekarang sudah ada lembaga LAKONTA yang aktif untuk mengurusi dan memulihkan terkait Budaya Karo.

"Selain itu , paham radikalisme yang merongrong NKRI membuat rasa Nasionalisme dan rasa Kebangsaan menjadi tergerus, hal tersebut sudah disosialisasikan bersama Polres Karo minggu yang lalu (18/07) 2018 dengan mengajak masyarakat Tanah Karo diantaranya Anak SMA, ASN Kab.Karo, TNI/Polisi, menonton bersama di bioskop Hermes Medan, untuk nonton bareng 22 menit yang isinya dalam film tersebut menolak paham radikalisme dan terorisme, khususnya Kab.Karo tidak ada kata selain tolak dan bumi hanguskan," ujar Terkelin Brahmana.

Untuk tempat rumah singgah menurutnya nanti Pemkab akan memikirkannya seperti apa bentuknya, sedangkan untuk HIV/AIDS pihak Moderamen GBKP sudah lama menggaungkan pemberantasan penyakit masyarakat tersebut, agar ditangani dan dibersihkan secara serius, sebab penyakit ini kabarnya sudah ada yang mengidap dan menetap di Kab.Karo,"ini akan menjadi atensi Pemkab Karo sekaligus bagi OPD yang membidanginya dan akan menindaklanjuti nantinya," jelasnya.

Sementara ketua Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba mengungkapkan sangat mendukung semua apa yang dibahas tersebut, pihak GBKP akan membantu jika perlu bantuan dalam membangun Tanah Karo simalem ini.

"Kami juga mengapreisasi Bupati Karo, sudah meluangkan waktunya malam ini datang berkumpul berdiskusi berbagi pengalaman, berbagi solusi, sehingga menambah keakraban, mudah mudahan kedepan Pemkab Karo dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan instansi terkait, Stakholder dan pemangku kepentingan lainnya untuk membangun Tanah Karo. Seperti malam ini, merajut silaturahmi, kebersamaan, dan keakraban dirumah Pak DD.Sinulingga," pungkas Pdt.Agustinus Purba.

Hadir dalam merajut kebersamaan dan keakraban tersebut Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kab.Karo, Ir. Timotius Ginting, ibu DD .Sinulingga, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Tokoh adat.(Bz laia )

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top