Kepala Desa Di Kabupaten Bogor, Diminta Bersabar Menunggu DD Cair - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kepala Desa Di Kabupaten Bogor, Diminta Bersabar Menunggu DD Cair

Berita Daerah
kepala desa di kabupaten bogor diminta bersabar menunggu dd cair
Contoh pembangunan di Desa

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Bogor-Para Kepala Desa di Kabupaten Bogor, nampaknya harus bersabar, karena telatnya pencairan Dana Desa (DD).

Kepala Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor Didi Kurnia, Sabtu (31/3) mengatakan usulan yang telah lengkap terkait pencairan DD, akan direalisasikan langsung, cairnya Dana Desa adalah dari Pemerintah Pusat,"peruntukannya sudah jelas, dan pasti akan distribusikan," ujarnya.

Didi membantah, jika pencairan DD di Kabupaten Bogor mandek, sebab pencairanya telah di jadwalkan setiap triwulan,"artinya baru bulan April ini anggaran tersebut dapat di cairkan, dan itupun usulanya akan dilakukan bertahap, melalui kantor Kecamatan, lalu Camat memperjuangkanya ke Bupati," ujarnya.

Menurut Didi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bogor, akan memilah usulan tersebut. Untuk membuat surat ke-TIM Anggaran Pemerintah Daerah,"jika telah lengkap akan di keluarkan melalui Surat Perintah Pencairan Dana ( SP2D)," ucapnya.

Didi meminta, agar para Kepala Desa bersabar, karena tak mungkin langsung dicairkan begitu saja, ketika usulan di terima.

Meski demikian kata Didi, beberapa kecamatan telah rampung menyelesaikan usulan anggaran tersebut.Semestinya pihak kecamatan Jasinga dan Ciseeng melalui ( DPMP) telah ada, tinggal menunggu yang lainnya. Anggaran DD bervariasi dapat di lihat dari jumah penduduk dan wilayah admisitrasinya,"sehingga setiap desa tidak menerima bantuan dengan jumlah yang sama," jelasnya.

Hal serupa juga di paparkan Hendrik Suratman Sekretaris DPMD Kabupaten-Bogor, pencairan DD yang sempat terhambat selain faktor belum rampungya Pebup, juga belum ditanda tanggani Bupati Bogor, sehingga pekan depan atau awal April, DD sudah cair," dan mudah-mudahan tahap pertama cair 20 persen di awal cair harusnya bulan Januari." pungkasnya.

Hendrik juga menambahkan, sejauh ini pihaknya akan melakukan sosialisasi pencairan DD ke-39 kantor kecamatan. Administrasinya belum lengkap sampai sekarang,"kan baru sosilisasi dari Peraturan Menteri (Permen) lalu Ke Peraturan Bupati ( Perbup)," tuturnya.Purba

Screenshot-2020-02-28-14-00-06-861-com-whatsapp

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top