Ngerii.. Polisi dan Massa Pendukung Paslon Bentrok - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ngerii.. Polisi dan Massa Pendukung Paslon Bentrok

Berita Daerah
ngerii polisi dan massa pendukung paslon bentrok
Simulasi pengamanan Pilkada

MEGAPOLITANPOS.COM - Kabupaten Majalengka
Ratusan pasukan gabungan TNI/Polri terlibat bentrok dengan ratusan massa salah satu pendukung pasangan calon dalam pilkada di Majalengka, Sabtu, (03/3/2018).

Bentrok yang terjadi akibat adanya ketidakpuasan salah satu pasangan calon atas kinerja KPU dan adanya isu yang menyudutkan salah satu pasangan calon di media sosial. Ratusan massa yang tidak terima hendak berunjuk rasa ke kantor KPU Majalengka.

Aparat Kepolisian yang telah siaga di depan kantor KPU langsung berupaya menghalau massa. Namun masa semakin beringas hingga sekitar 600 personil Polres Majalengka dan gabungan. Tak mampu menghalau, Polres Majalengka kemudian meminta bekap Pasukan Huru Hara (PHH) Brimob Cirebon.

Massa yang beringas berhasil dipukul mundur. Water cannon dikerahkan untuk memukul mundur massa. Tak ketinggalan, petugas juga menembakkan gas air mata untuk membubarkan konsentrasi masa yang masih berkumpul.

Aksi massa pendukung berlanjut dengan anarkis hingga chaos dengan pihak keamanan. Tim Antiteror Brimob Cirebon Jawa Barat bergerak cepat hingga dan berhasil melumpuhkan beberapa orang yang diduga sebagai provokator.

Aksi bentrok dan penanganan yang dilakukan tersebut merupakan rangkaian simulasi Pengamanan Pilkada di Kabupaten Majalengka. Selain TNI, Polri dilibatkan pula pihak Satpol PP dan mobil Pemadam Kebakaran.

Kepolres Majalengka, AKBP Noviana Tursanurohmad menyebut, simulasi tersebut adalah bentuk kesiapan Polisi dalam melakukan pengamanan Pilkada di Majalengka 27 Juni mendatang.

"Jadi intinya TNI-Polri siap mengamankan Pilkada di Majalengka, berharap Kabupaten Majalengka tetap kondusif." tegas Kapolres.

Selain itu, tahapan dari simulasi ini menjadi dua tahapan skenario. Tahapan itu pengamanan di Kantor KPU dan menghalau massa saat pulang yang melakukan pengurasakan.

"Telah dilaksanakan Sispam Kota kaitan dengan penanganan Pilkada sekaligus membentuk satgas tripatra bagaimana menangani dari dua skenario tadi seperti pengamanan di Kantor KPU dan menangani aksi massa yang melakukan pengrusakan." ujar dia.

Jalannya simulasi yang digelar di depan Kantor Satpol PP Majalengka menjadi tontonan warga sekitar. Meski hanya lewat tembok pembatas, nampak warga cukup banyak dan sempat menganggu arus lalu lintas sekitar. ** (Sigit)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top