Keluarga Miskin Bakal Dapat Bantuan PKH - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Keluarga Miskin Bakal Dapat Bantuan PKH

Banten
keluarga miskin bakal dapat bantuan pkh
pendamping keluarga miskin

Kota Tangerang (MP) Mulai akhir tahun ini, masyarakat sangat miskin Kota Tangerang akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat - Kementerian Sosial RI - melalui Program Keluarga Harapan (PKH).Program ini digulirkan pemerintah pusat sejak tabun 2007. Sejak awal digulirkan, Kota Tangerang baru menerima PKH tahun 2015 ini.

Saat ini, secara bertahap di wilayah Kota Tangerang tengah dilakukan pendataan validasi calon peserta PKH. Untuk kecamatan Cibodas, akan diawali dari Kelurahan Panunggangan Barat mulai Senin 7 September ini.Program nasional sejak pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini akan membidik dua sasaran, yakni pendidikan dan kesehatan bagi keluarga sangat miskin.

Dalam bidang kesehatan kategori yang menerima bantuan meliputi ibu hamil, menyusui, nifas, balita/anak pra sekolah dan penyandang disabilitas/cacat usia sekolah. Sedangkan bidang pendidikan mencakup untuk anak usia sekolah dari SD sampai SLA.Dalam pelaksanaan PKH ini akan ada petugas lapangan yang mengawal program ini yakni Pendamping PKH di tiap kelurahan.

Pada tahap awal akan ada sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan validasi data di lapangan yang dilakukan oleh Pendamping PKH.Pendamping PKH bergerak ke masyarakat melakukan validasi berdasarkan data yang diterima dari Kementerian Sosial RI, by name by address. Data diperoleh dari Kmenterian Sosial RI (pusat) yang bersumber dari PPLS (Program Perlindungan Sosial) tahun 2011.

"Tugas kita memvalidasi data tersebut seuai kondisi yang ada sekarang. Batas validasi ini sampai Oktober 2015," jelas Puguh Wibowo, petugas Pendamping PKH Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas.Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan validasi diawali dengan sosialisasi program dan validasi data.

Selanjutnya pencairan bantuan. Lalu pendampinan peserta PKH ini secara terus menerus sampai di keluarga tersebut tidak lagi terdapat komponen yang dipersyaratkan dan atau keluarga tersebut sudah tidak lagi miskin."Tujuan utama PKH guna memutus mata rantai kemiskinan di keluarga peserta untuk generasi selanjutnya," kata Puguh Wibowo.Di Kecamatan Cibodas, ada sekitar 1.900an calon peserta yang akan di validasi. Sementara di Kelurahan Panunggangan Barat mencapai 418 calon peserta PKH.Ateng Sanusih

Area


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top