Dinas Perhubungan Kota Tangerang telah memberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Dinas Perhubungan Kota Tangerang telah memberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL)

Kota Tangerang
dinas perhubungan kota tangerang telah memberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas mrll
Pembatas jalan yang dipasang di kawasan Taman Royal - Banjar Wijaya.

TANGERANG - Terhitung sejak 11 November lalu, Dinas Perhubungan Kota Tangerang telah memberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di Jalan Hasyim Ashari, Tangerang. Tepatnya di kawasan perumahan Taman Royal dan Banjar Wijaya.

Buka tutup jalan tersebut, dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Khususnya pada pagi hari. Antara pukul 06.00 - 09.00 WIB. Seperti diketahui, pada jam sibuk tersebut arus lalu lintas di sana cukup padat. Penerapan sistem MRLL, dimaksudkan agar arus lalu lintas dapat berjalan lancar.

"Efektif sejak 11 November lalu, kami sudah memberlakukan rekayasa lalu lintas di sana," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Saeful Rohman. Sistem buka - tutup jalan menurut Saeful, dinilai perlu untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

Kadishub Kota Tangerang Saeful Rohman.

Sebelumnya memberlakukan MRLL kata Saeful, Dishub telah melakukan koordinasi dengan pengembang perum Taman Royal dan Banjar Wijaya. Termasuk ke Asiosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Tangerang. "Pemberlakuan MRLL, berdasarkan hasil rapat koordinasi yang kami gelar 10 Oktober lalu," imbuhnya.

Kemudian hasil rapat disepakati. Sistem MRLL di kawasan Taman Royal - Banjar diterapkan. "Kendaraan dari arah fly over Cipondoh yang hendak menuju Banjar Wijaya, tidak boleh belok langsung ke kanan. Namun di arahkan ke loop sistem perumahan Taman Royal. Petugas memasangi barrier (pembatas jalan-red) pada median jalan. Tepat di dekat lampu pengatur lalu lintas,” jelas Saeful.

Selanjutnya kendaraan diarahkan berputar arah di Taman Royal 1 dan melanjutkan perjalanan menuju perumahan Banjar Wijaya. “Kami juga melakukan pembatasan kendaraan besar untuk melintas. Seperti bus dan truk,” terang Saeful.

Kendaraan besar yang akan menggunakan akses Jalan Hasyim Ashari antara pukul 06.00 – 09.00 WIB, dialihkan ke Jalan Benteng Betawi. Kemudian melanjutkan perjalanan melewati Jalan Maulana Hasanudin.

"Sistem ini akan diberlakukan hingga pukul 09.00 WIB. Namun itu tidak berlaku baku. Sebab bila arus lalu lintas sudah berjalan lancar, petugas akan membuka pembatas jalan. Selanjutnya kendaraan dapat melintas seperti biasa," tuturnya. Pekan depan tambah Saeful, Dishub akan melalukan evaluasi. Terkait efektivitas diberlakukannya MRLL. (adv)

IMG-20200310-WA0111

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top