Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Pembuatan Pupuk Palsu - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Pembuatan Pupuk Palsu

Hukum
ditreskrimsus polda metro jaya ungkap pembuatan pupuk palsu
poto : megapolitanpos.com

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus praktik pembuatan pupuk palsu yang tidak berstandar SNI. Seorang pelaku sekaligus pemilik bernama HAR (38) berhasil diamankan sebelumnya Senin (23/10/2017).

"Kami telah mengamankan pabrik pupuk palsu. beserta barang bukti 110 ton yang siap dikirim ke beberapa daerah" terang Div.Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono, Selasa (31/10/2017).

Pabrik pupuk PT. BSJ yang beralamat di Kp. Cinyosog Rt. 002 Rw. 002 No.170, Desa Burangkeng, Kec. Setu, Kab. Bekasi, Jawa Barat sudah beroperasi selama 2 tahun.

" Pupuk asli berwarna pink (merah muda) sedang yang palsu oranye" tambah Argo.

Sementara itu Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Adi Deriyan Jayamarta mengungkapkan bahwa saat pemeriksaan didapati HAR dan 5 karyawan sedang bekerja beserta barang bukti pupuk NPK PHOSPATE, SP.36, NPK UTAMA PHOSKA dan MAXUS dengan bahan dasar adalah KAPTAN (Kapur), Pewarna dan Garam. Selain itu terdapat sekitar 30 ton pupuk siap jual karena di dalam gudang pabrik tersebut sudah ada 3 mobil truk yang mengangkut pupuk palsu tersebut dengan muatan masing – masing truk telah berisi kurang lebih 10 ton.

"Komposisi pupuk ini hanya campuran garam, zat pewarna dan kapur. Jadi sama sekali tidak menyuburkan tanaman" jelas Adi.

Dalam Kasus ini pelaku akan dijerat Pasal berlapis dengan pidana penjara paling lama 5 tahun.MR/Johan

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top