Film G30S/PKI Ajang Belajar Sejarah Bangsa - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Film G30S/PKI Ajang Belajar Sejarah Bangsa

TNI POLRI
film g30spki ajang belajar sejarah bangsa
Koramil 05 Tumbang Jutuh

MEGAPOLITANPOS.COM, Palangkaraya - Seluruh jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) seluruh pelosok negeri serentak mengadakan nonton bareng (nonbar) film dokumenter sejarah gerakan 30 September/ PKI 1965 pada akhir September 2017 ini. Film bertajuk penghianatan Partai Komunis Indonesia itu kembali diputar dengan maksud pembelajaran sejarah bagi masyarakat dan dunia pendidikan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Koramil-05/ Tumbang Jutuh, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah. Film berdurasi tiga jam itu rencananya akan di toton pada Sabtu (30/9/2017) malam, di halaman Koramil. Kegiatan nonbar tersebut juga akan dihadiri oleh pelajar setempat dan dimeriahkan dengan perlombaan merangkum jalan cerita film.

“Malam ini saya bersama masyarakat, baik tokoh mayarakat Kecamatan Rungan, Desa Jakatan Raya, dan instansi setempat mengadakan nonbar film G30S/PKI di halaman Koramil. Kenapa malam Minggu kami adakan nonbar?, karena kami juga mengundang sebanyak 400 orang siswa untuk ikut menonton. Kalau saya adakan hari Jumat malam, takutmya mengganggu kegiatan belajar mengajar siswa di pagi harinya. Karena selain nonto kami juga mengadakan perlombaan merangkum jalannya cerita film pesertanya siswa-siswa itu sendiri,” ungkap Danramil Tumbang Jutuh Kapten Inf Suradi, melalui telepon kepada MP.com, Sabtu siang.

Suradi mengatakan, dalam nonbar itu dia meminta para siswa untuk membawa perlengkapan alat tulis guna merangkum jalannya film. Lalu bagi siswa yang dapat merangkum dan menjelaskan hasil rangkuman film tersebut akan mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh Koramil. “Kalau hanya menonton saja maknanya pasti akan lupa. Jadi kita minta untuk merangkum agar para siswa dapat mencermati makna yang terkandung dalam film. Tentunya ada hadiahnya, tiga unit HP dan beberapa alat tulis sudah kita siapkan untuk hadiah. Harapan kita tidak lain, agar para siswa yang akan menjadi penerus bangsa tidak meluopakan sejarah bangsa ini. Mereka juga diharapkan tidak terpengaruh hasutan dan sesuatu hal yang tidak baik,” kata Danramil. Dhani

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top