Mabes Polri Bakar Narkoba senilai Rp 60 miliar - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Mabes Polri Bakar Narkoba senilai Rp 60 miliar

Bandara
mabes polri bakar narkoba senilai rp 60 miliar
Bakar Narkoba jenis Sabu

MEGAPOLITAN.COM, JAKARTA -- Polres Metro Jakarta Utara bersama Tim Puslabfor Mabes Polri memusnahkan 39 kilogram sabu dari jaringan Internasional (Tiongkok), di Area Pembakaran Sampah Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang,

Semua sabu yang ditotal senilai Rp 60 miliar ini pun, langsung dibakar petugas di sebuah tungku panas, hingga menjadi abu.

Pantauan Megapolitanpos, terlihat Kapolres Metro Jakarta, Kombes Pol Susetio Cahyadi, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Apollo Sinambella, perwakilan dari pengadilan negeri (PN) Jakarta Utara, serta beberapa anggota dari Tim Puslabfor Mabes Polri, hadir dalam pemusnahan itu.

Mereka nampak sibuk membuang sabu-sabu tersebut ke lubang tungku yang sudah panas akan api yang membara. Proses pemusnahan ini juga dihadiri beberapa saksi baik dari tokoh masyarakat, agama, beberapa tersangka yang terlibat dalam barang haram yang dimusnahkan tersebut.

Susetio mengaku, pemusnahan puluhan kilo lebih sabu tersebut merupakan hasil penangkapan 6 tersangka pengedar sabu jaringan internasional Tiongkok.

Para pelaku itu antara lain Widiyanti 16 kilogram, Jemi Yunita dan Okori Jhon Landrod 12 kilogram, serta Hengki, Darman dan Azis sebanyak 11 kilogram sabu, yang dibekuk beberapa waktu lalu.

Sabu-sabu tersebut didapat pihaknya yang disembunyikan pelaku di dalam case alat terapi kaki.

"Sabu yang dibakar ini, sempat diamankan beberapa waktu lalu. Peredaran sabu ini lewat jalur laut di dalam kontainer dan merupakan Jaringan Internasional dari Tiongkok. Sabu ini dimusnahkan agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Ini sebagai bentuk antisipasi," ujarnya.

Dikatakan Susetio, sabu senilai total Rp 60 miliar itu dapat menyelamatkan 195.000 jiwa lebih. Atas perbuatan para pelaku, dikenakan pasal 114 ayat 2 sub pasal 112 ayat 2 UU No 35 tahun 2009.

"Ancaman hukuman minimal 6 tahun maksimal hukuman mati dan denda minimal 2 miliar, maksimal 10 miliar," tutup Susetio.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top