Warga Rawajati Kembali Tolak Relokasi - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Warga Rawajati Kembali Tolak Relokasi

DKI Jakarta
warga rawajati kembali tolak relokasi
Warga Berkumpul Menolak Penggusuran

Hari ini (25/8/2016) warga Jalan Rawajati Barat Rt/Rw 009/04 Kalibata demo tolak penggusuran pemukiman liar. Selain itu mereka juga menyuarakan tentang hak dan kewajiban setiap warganegara.

Warga tidak terima dengan perintah penggusuran dari Lurah Rawajati dengan alasan menertibkan lahan bangunan liar, pedagang kaki lima dan parkir liar.

Dalam isi surat itu juga warga diberikan jangka waktu 3×24 jam untuk membongkar bangunannya sendiri.

Hendra (47) warga sekitar yang ditemui dilokasi merasa heran dengan peringatan yang dikeluarkan lurah Rawajati untuk mengosongkan rumah dan pindah ke relokasi di marunda.

"Saya heran juga padahal dulu ada kesepakatan dengan walikota jakarta selatan bahwa warga tidak akan direlokasi sebelum disediakan tempat relokasi yang sesuai dengan kemauan warga" ujar Hendra.

Ketika ditanya apakah relokasi di Marunda yang disediakan oleh pemerintah DKI itu tidak sesuai. Hendra menjawab tidak sesuai harapan warga.

"Jauh mas dan sudah pasti tidak bisa dagang kalaupun mau dagang harus sewa tempat dilokasi dagang yang disediakan pemerintah" ungkap Hendra.

Berdasarkan penelusuran redaksi, rencana relokasi warga Rw 04Kelurahan Rawajati ini sudah berlangsung lama. Mediasi dan negosiasi sudah sering dilakukan oleh pemerintah dan warga.

Terakhir kesepakatan bersama antara walikota dan warga menyebutkan bahwa warga tidak akan direlokasi selama pemerintah belum dapat menyediakan tempat relokasi yang sesuai harapan warga.

Untuk hal ini, tokoh pemuda betawi Eki Pitung membenarkan.

"Memang benar ada kesepakatan itu. Karena Tahun lalu saya yg bantu disana utk komunikasikan ke pemda dan DPRD serta warga" ujar Eki Pitung.

"Selama sudah disiapkan relokasi baru boleh..dan itupun jika yg bersangkutan bersedia di relokasi
Itu perjanjian antara Walikota dgn DPRD. Saya bantu yang bantu fasilitasi..waktu itu pertemuannya" tambah Eki Pitung.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top