Menkop: Koperasi Dapat Sejahterakan Masyarakat - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Menkop: Koperasi Dapat Sejahterakan Masyarakat

Peluang Usaha
menkop koperasi dapat sejahterakan masyarakat
MenkopUKM< AAGN Puspayoga di Harkop Bekasi

Megapolitanpos.com. Bekasi - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menegaskan bahwa dengan berkoperasi maka bisa memberikan pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. ‎

"Bahkan, dengan pemerataan ekonomi tersebut mampu memperkokoh NKRI. Dan hal itu sudah jelas tergambar dalam UUD 1945 yang menyebutkan bahwa ekonomi disusun atas azas kekeluargaan, yang mana hal itu tergambar dalam koperasi", kata Menkop pada pembukaan acara Asean-International Cooperative Summit and Trade Expo 2016 dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke-69 se-Jawa Barat, di Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

Menurut Puspayoga, bila pertumbuhan ekonomi meningkat, namun tidak merata, maka berarti ada yang salah dengan pertumbuhan tersebut. Dimana koperasinya tidak mendapat perhatian dari pemerintah pusat dan daerah.

"Saat ini, fokus pemerintah ada pada empat sektor. Yaitu, infrastruktur, pariwisata, maritim, dan energi. Dengan empat fokus tersebut, koperasi bisa mengikuti untuk berkembang. Disitu akan tercipta pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan", imbuh Menkop.

Untuk itu, lanjut Menkop, pihaknya sudah menggulirkan program reformasi total koperasi. Diantaranya, pertama, rehabilitasi koperasi melalui pembaharuan database koperasi di Indonesia.

"Dari 200 ribu lebih jumlah koperasi yang ada, ada sekitar 62 ribu koperasi yang tidak aktif dan sudah dikeluarkan dari database. Koperasi yang aktif juga akan terus kita dorong untuk melakukan Rapat anggota tahunan (RAT). Bahkan, sekarang RAT bisa dilakukan secara sistem online‎", kata Puspayoga lagi.

Kedua, reorientasi koperasi, dimana saat ini lebih mementingkan kualitas koperasi ketimbang jumlah koperasi.

"Lebih baik jumlah koperasinya sedikit tapi berkualitas. Yang wajib banyak itu ya jumlah anggotanya. Makin banyak jumlah anggota, maka makin berkualitas koperasi tersebut. Koperasi harus hidup dan berkualitas agar bisa menghidupkan masyarakat", tukas Menkop.

Sedangkan yang ketiga adalah pengembangan koperasi, dimana akan memperkuat koperasi dari sisi kelembagaan.

"Harus ada terus pelatihan-pelatihan di daerah untuk memperkuat kelembagaan koperasi", tandas Puspayoga.(AS)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top