Tukar Pengalaman, DPRD Kabupaten Banyuwangi Diterima Komisi II DPRD Kabupaten Blitar - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Tukar Pengalaman, DPRD Kabupaten Banyuwangi Diterima Komisi II DPRD Kabupaten Blitar

Berita Daerah
tukar pengalaman dprd kabupaten banyuwangi diterima komisi ii dprd kabupaten blitar
Poto : Istimewa

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Kedatangan komisi II DPRD Kabupaten Banyuwangi hari ini Kamis ( 06/08/20 ) diterima oleh Komisi I, II, dan III DPRD Kabupaten Blitar, kunjungan yang dikemas dalam rangka studi banding ini membahas soal pengawasan dalam bidang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) antara dua lembaga legeslatif ini diterima di ruang DPRD Kabupaten Blitar.

Usai acara penerimaan kunjungan kerja, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Idris Marbawi mengatakan, muatan materi dalam kunjungan kali ini membahas tentang bagaimana upaya pengawasan atau upaya lembaga DPRD dalam hal meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ), baik intensifikasi maupun eksistensifikasinya.

"Banyuwangi dan Blitar sebenar nya secara geografis, maupun letak demografis nya hampir ada kesamaan potensi pendapatan asli daerah, disana juga ada pertanian, kelautan dan sumber daya alam lain nya yang begitu luar biasa. Bedanya kalau Banyuwangi sumber daya alamnya sudah dikelola dengan baik, sehingga menghasilkan pajak dan PAD yang sangat besar, sedangkan di Pemkab Blitar belum" Kata Idris.

Dikatakan pula oleh Idris Marbawi, kalau di Kabupaten Blitar untuk pengelolaan pajak pada bidang sumber daya alam masih minim.

"Untuk hal itu Kita masih mencoba mengupayakan bagaimana pemetaan area pertambangan, potensi alam yang lain. Sehingga sebagai dasar bagi para pelaku usaha khususnya pertambangan bisa melakukan perizinan dengan benar," Papar nya.

Bilamana investor atau pengusaha sudah mendapatkan ijin secara kelompok dan banyak, tentunya pendapatan asli daerah Kabupaten Blitar otomatis akan meningkat.
Sisi lain misal nya di sektor pariwisata, destinasi wisata di Banyuwangi sangat luar biasa, hal itu terlihat dari gebrakannya maupun pembinaannya. Namun untuk daerah kita di Kabupaten Blitar rasanya pemerintah daerah belum hadir begitu ketat terhadap destinasi wisata.

"Maka dari itu sangat penting hal ini bila bisa diterapkan di Kabupten Blitar, banyak aset daerah yang hingga sekarang banyak yang belum dikelola dengan bagus," Pungkas Marbawi.

Penerimaan rombongan dari DPRD Kabupaten Banyuwangi tersebut di masa pandemi covid 19, dilaksanakan tetap mematuhi protokol kesehatan.(za)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top