Pemkot Blitar Bakal Terbitkan Aturan Bersepeda Di Masa Pandemi - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pemkot Blitar Bakal Terbitkan Aturan Bersepeda Di Masa Pandemi

Berita Daerah
pemkot blitar bakal terbitkan aturan bersepeda di masa pandemi
Jalan Raya di Kota Blitar

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar - Semakin banyak orang terpapar covid 19 Pemkot Blitar berencana akan membuat Perwali dalam waktu dekat ini.

Walikota Blitar Drs.Santoso melalui Dinas Perhubungan kota Blitar kini tengah menyiapkan aturan bagi pengendaran sepeda.

Menurut Kadishub Kota Blitar mengapa para pesepeda ini dibuatkan aturan karena akibat dari semakin banyaknya masyarakat bersepeda di masa pandemi Covid-19 yang melanggar aturan dan rambu lalu lintas di jalan raya.

Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono setelah melihat semakin banyaknya warga yang menggunakan sepeda pada musim pandemi Covid-19 ini pihak nya sering menjumpai pengendara sepeda ontel ini tidak patuh prokes, Sabtu (01/08/20)

"Maka perlu dibuat peraturan, demi keamanan pesepeda dan pengguna jalan lainnya terutama di jalan raya," ujar Priyo

Menurut Priyo, disampaikan kepada wartawan aturan bersepeda tersebut saat ini sedang dibahas oleh Kementrian Perhubungan, jadi saat ini Rencana Peraturan Menteri (RPM) Perhubungan sedang proses.

"Untuk Blitar kota sekarang sudah diuji publikkan, tidak lama lagi akan ditetapkan. Dari Permemhub itulah yang akan menjadi dasar penerapam di daerah, jika diperlukan penambahan aturan sesuai kebutuhan lokal daerah akan dibuat Peraturan Walikota (Perwali)," ungkapnya.

Dia juga menambahkan tentang apa saja yang diatur tentang kelengkapan bersepeda di masa pandemi, misal nya memakai helm, alas kaki dan tidak berjajar.

"Untuk menunjang sementara pihak daerah, menyiapkan fasilitas pendukungnya seperti jalur bersepeda dan rambu- rambu jalannya," Paparnya.

Pantauan media ini di lapangan, mendapatkan kelompok warga yang bersepeda banyak tidak menggunakan alat keselamatan pribadi dan berjajar melebihi lebar jalur bersepeda.

Sementara jalur bersepeda sesuai kriterianya, yaitu lebar jalan dan kepadatannya. Saat ini di Kota Blitar sudah ada di 4 ruas jalan yaitu Jl. Sudanco Supriadi, Jl. PB Sudirman, Jl. A Yani dan Jl. Merdeka.

Terkait dengan hal tersebut, pihaknya menghimbau warga yang bersepeda tetap mematuhi rambu dan aturan lalu lintas, demi keselamatan bersama baik yang bersepeda maupun pengguna jalan lainnya, bila mana melanggar nanti nya juga akan disangsi. (za)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top