Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Akan Terapkan Penanganan Sebaran Covid 19 Ala Vietnam - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Akan Terapkan Penanganan Sebaran Covid 19 Ala Vietnam

Kesehatan
dinas kesehatan kabupaten blitar akan terapkan penanganan sebaran covid 19 ala vietnam
Bupati Blitar bersama Kadinkes

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar akan terapkan penangan sebaran Covid 19 ala Vietnam. Ini penegasan Bupati Blitar Drs.Rijanto MM pada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, kenapa meniru cara negara Vietnam, karena angka kasus positif Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Blitar naik tajam.

Rijanto mengatakan dengan pertambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar saat ini Pemkab Blitar harus meniru Vietnam untuk menekan angka positif Covid-19.

"Ini resep nya F0, F1, F2 dan F3 dengan menggalakkan testing dan tracing, sehingga angka positif Covid-19 bisa dikendalikan dan ditekan," Ungkap Bupati Rijanto, (21/7/2020).

Orang yang dikenal disiplin yang kini menjadi Bupati ini, menekankan secara teknis tentang banyak hal mengenai tata cara penekanan covid 19. Yang akan dipaparkan dr Kuspardani selaku Kadinkes.

"Bersama Forkopimda, Gugus tugas terus melakukan sosialisasi penerapan dan pendisiplinan protokol kesehatan. Terutama pada masa adaptasi kebiasaan baru saat ini," Kata Bupati

Agar konsep yang akan dituangkan ini adalah pentingnya peran serta masyarakat, karena hasil dari tracing dan testing adalah karantina. Baik itu karantina mandiri, maupun karantina di tempat isolasi yang disediakan dengan pengawasan tenaga kesehatan.

"Jika tanpa peran serta masyarakat, akan sulit memecahkan masalah Covid-19 ini. Termasuk kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Kuspardani terperinci memaparkan maksud dari F0, F1, F2 dan F3 adalah Filia tapi untuk pemetaan F adalah Fokus atau sentral penanganan Covid-19 sesuai hasil tracing dan testing.

Misal F0 adalah orang yang positif, kemudian F1 kontak erat dengan siapa saja termasuk orang terdekat itu yang harus dicari.

"Bahkan sesuai perintah Kapolres, sampai tingkatan hari dan jam. Karena berkaitan dengan aload yaitu masuknya virus ke dalam tubuh seseorang," Kata Kuspardani.

Sambung Kuspardani untuk F1 sebelum 5 hari positif, sudah kontak dengan siapa saja, F2. Lalu F3 adalah yang kontak dengan F2 dalam seminggu terakhir juga dicari secara menyeluruh dan detail. Mulai dari hari sampai jam nya, semua kita telusuri.

Untuk F0 yang bergejala panas, batuk, sesak harus masuk di RS. Sedangkan F1, F2 dan F3 harus karantina mandiri secara ketat.

"Karena pergerakan virus ini sangat cepat, jangan sampai kalah cepat. Seperti ini cara di Vietnam, sehingga berhasil menekan angka Covid-19 sampai 0," Jelasnya.

Untuk itu kami meminta Muspika, perangkat desa dan peran aktif masyarakat dalam rangka tracing sampai 3 tingkatan. Untuk menekan, mencegah penyebaran Covid-19, dan harus tetap semangat untuk menerapkan protokol kesehatan.(za)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top