Polres Kota Blitar Ringkus 8 Orang Pengedar Narkoba - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Polres Kota Blitar Ringkus 8 Orang Pengedar Narkoba

Kriminal
polres kota blitar ringkus 8 orang pengedar narkoba
Keterangan Pers Polres Kota Blitar

MEGAPOLITANPOS.COM Blitar-Perang terhadap peredaran obat obatan terlarang Polres Kota Blitar berhasil meringkus para pelaku pengedar barang haram yang merusak generasi muda, Operasi Pekat (Penyakit Masyarakat Red.) dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang dilaksanakan Polres setempat Selama dua pekan, Polres Blitar Kota berhasil mengungkap 8 kasus peredaran narkoba.

Dari 8 kasus ini diamankan 9 tersangka dengan rincian, 6 tersangka kasus tindak pidana narkotika jenis sabu, 1 ekstasi, dan 1 pengedar pil dobel L.

Dalam operasi memeperingati Hari Anti Narkotika Internasional ini Satuan Reskoba Kota Blitar berhasil menyita barang bukti diantaranya 9 poket sabu dengan berat 20 gram, 342 butir pil dobel L, 2 butir pil ekstasi, 3 buah timbangan dan alat pakai hisap sabu, uang hasil transaksi Rp 1.350.000 dan 9 buah handphone berbagai merek.

Kapolres Koita Blitar AKBP Leonard Sinambela kepada awak media mengatakan Operasi selama pandemic covid 19 merupakan hasil kerjasama poeran sertya masayarakat yang bersinergi dalam mebantu tugas kepolisian terutama dalam membarantas peredaran obat obatan terlarang yang semakin merajalela peredarannya.

"Sembilan tersangka ini kita tangkap selama dua pekan terakhir. Dari 9 tersangka ini ada 8 kasus.6 kasus tindak pidana narkotika jenis sabu, satu pil ekstasi dan satu peredaran obat keras dobel L," jelas Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, Jumat (26/6/2020).

Dari 8 kasus ini ada dua yang menonjol. Pertama, kepemilikan pil ekstasi oleh seorang sopir truk antar provinsi. Dia adalah Heri Siswanto (36), warga Jalan Melati Kota Blitar. Heri berhasil diamankan Reserse Narkoba Polres Blitar Kota dengan barang bukti dua butir pil ekstasi. Heri diketahui juga merupakan residivis kasus serupa.

"Ekstasi ini disita dari tersangka Heri Siswanto. Pengakuannya dia mendapatkan ekstasi ini dari rekannya di Lampung. Karena yang bersangkutan adalah sopir antar provinsi," ujar Pamen melati dua ini.

Selain pil ekstasi, Polres Blitar Kota juga berhasil mengungkap kasus peredaran sabu dari jaringan Lapas Porong Sidoarjo. Tersangka atas nama Edy Susilo (49), warga Jalan Cemara Kota Blitar disita hampir 10 gram sabu. Edy menggunakan kurir atas nama Dedy (39), warga Perum Taman Janti, Kota Malang yang ternyata menyuplai barang haram itu dari pelaku di Lapas Porong Sidoarjo.

"Setiap kali transaksi dia membeli sekitar 10 gram. Jaringan tersangka Edy mengaku dikonsumsi sendiri sampai habis lalu begitu habis, dia pesan kembali. Ini sudah berlangsung cukup lama," terangnya.

Seluruh tersangka melanggar Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan Undang-Undang RI Nomor 36 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Sementara itu Kasat Reskoba Kota Blitar Iptu Suryadi ditemui media ini di ruang kerjanya Sabtu ( 27/06/20 ) menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Kota Blitar yang telah banyak membantu tugas - tugas kepolisian dalam rangka turut membantu memerangi penyakit masyarakat,pihak nya yang baru 4 bulan memangku jabatan sebagai kasat Reskoba Polres Kota Blitar,dalam menjalan kan tugas akan berusaha berjalan lurus sejalan dengan harapan masyarakat Blitar.(za)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top