Harkopnas ke73, Dekopin Luncurkan Logo dan Tema - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Harkopnas ke73, Dekopin Luncurkan Logo dan Tema

Peluang Usaha
harkopnas ke73 dekopin luncurkan logo dan tema
Logo dan tema Harkopnas ke73

Jakarta(MEGAPOLITANPOS) - Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 73 tahun tahun 2020 ini, tepatnya 12 Juli 2020, masih dalam suasana keprihatinan bangsa yg masih mengalami pandemi Covid-19 mengusung tema "Mewujudkan Ekonomi Rakyat yang Berdaulat Bersama Anggota yang Sehat dan Koperasi yang Kuat."

Menurut DR. Sri Untari Bisowarno, Ketua Umum Dekopin, acara Hari Koperasi kali ini disederhanakan, disesuaikan dengan standar protokol penanganan covid-19. Namun demikian, tidak mengurangi semangat untuk menggelorakan semangat sistem ekonomi konstitusi sebagai landasan ekonomi rakyat yang berdaulat.

Dekopin sebagai wadah tunggal gerakan koperasi sebagaimana amanat UU No.25/1992 dan Keppres No.6/2011 tentu saja harus mengambil peran terdepan dalam kegiatan ini. Karena ini, Hari Ulang Tahun Gerakan Koperasi atau Dekopin, tambah Sri Untari.

"Selain itu, Dekopin yg kami pimpin adalah satu-satunya Dekopin yg melandaskan kegiatannya pada Keppres 06/2011 tentang Anggaran Dasar (AD) Dekopin yang sampai hari ini masih sah menurut Undang-Undang No.25/1992 tentang Perkoperasian.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Koperasi ke-73, Dayan I.P Raranta, menyampaikan kegiatan Hari Koperasi ke-73. "Kecuali acara puncak yang insha Allah akan diselenggarakan dengan Pidato Presiden di Istana, kami juga merencanakan Penghargaan untuk Koperasi Sektor Riil yang telah berjasa dan memberi kontribusi bagi masyarakat," ujar Raranta.

Penghargaan ini menjadi menarik karena bekerjasama dengan Kementerian PPN/Bappenas. "Kriteria penilaian pun banyak melibatkan masukan dari Bappenas," ujar Dayan. Selama ini, kita banyak mengenal koperasi disektor keuangan atau simpan pinjam, padahal sektor riil juga ada yg bergerak. Nah, masa pemulihan ekonomi nanti fokus Dekopin adalah pembenahan koperasi sektor riil. Karena itu, kami panitia merancang program pengharagaan ini.

Selain Penghargaan, Panitia mendorong utk melakukan kreatifitas kegiatan di lingkungan koperasi masing-masing. Baik di Pusat, Propinsi maupun Kabupaten sampai tingkat Kecamatan, Desa dan Kampung. Selain, mengibarkan umbul-umbul, bendera dan spanduk, baleho dan media luar ruang lainnya, Panitia Nasional telah menerbitkan panduan pelaksanaan Hari Koperasi ke-73. Paling tidak, pada puncak hari koperasinya, 12 Juli 2020 ada acara tumpengan di masing-masing koperasi.

Adalah tugas kebangsaan kita bersama untuk terus menggelorakan semangat ekonomi konstitusi sebagaimana cita-cita Indonesia merdeka, kata Ketua Umum Dekopin Sri Untari. Momentum Hari Koperasi ke-73 ini, Koperasi harus menunjukan peran dan tekadnya. **(Achmad Sholeh)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top