Jalur Utama Blitar-Malang Macet Belasan KM Diduga Akibat Antrian Truk Tebu PT Rejoso Manis Indo - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Jalur Utama Blitar-Malang Macet Belasan KM Diduga Akibat Antrian Truk Tebu PT Rejoso Manis Indo

Berita Daerah
jalur utama blitar-malang macet belasan km diduga akibat antrian truk tebu pt rejoso manis indo
Kemacetan di jalur utama Blitar-Malang

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Saat menjelang musim giling Pabrik Gula Rejoso Manis Indo ( RMI ) beroperasi membuat resah para pengguna jalan, sepanjang 10 Km lebih terjadi kemacetan, pasalnya armada truk muatan tebu yang akan setor bahan baku gula ini terpaksa harus menunggu antrian dipinggir jalan, sebelum masuk kawasan parkir yang di sediakan oleh Pabrik.

Berdasarkan pantauan media ini di lapangan dan juga laporan warga masyarakat sekitar, kemacetan ini terjadi sejak hari Kamis malam ( 18/06/20) hingga sekarang belum teratasi pasalnya harus menunggu giliran masuk, ratusan armada yang mengular dari desa Brongkos, sampai desa Selorejo membuat para pengguna jalan terganggu karena macet, begitu juga dari pertigaan desa Brongkos sampai ke lokasi Pabrik di desa Rejoso pun tak pelak terjadi kemacetan .

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib menanaggapi kemacetan tersebut kepada media ini mengatakan, dengan kemacetan yang terjadi pihaknya menilai bahwa PT Rejoso Manis Indo tidak memiliki kesiapan lahan parkir armada truk pengangkut tebu yang memadai sehingga membuat kekacauan pengguna jalan.

"Seharusnya RMI sudah memiliki kesiapan yang matang membuat terminal area parkir yang luas, sambil menunggu truk tebu ini masuk area penimbangan dan penggilingan pabrik gula Rejoso Manis Indo di desa Rejoso Kecamatan Binangun sehingga tidak terjadi permasalahan seperti ini,” Kata Mujib.



Lebih lanjut Mujib mengatakan karena Pabrik Gula Rejoso Manis Indo ini merupakan investasi bagi pemerintah daerah Kabupaten Blitar, maka kewajiban Pemerintah Daerah dalam hal ini adalah Bupati Blitar, membangun jalan yang memadai, ia mendapat informasi pemasok tebu ke RMI tidak hanya petani dari Blitar saja, tetapi juga luar daerah Blitar.

"Untuk itu membangun infrastrutur jalan yang memadai sangat penting, transportasi untuk memudahkan sarana transportasi bagi petani tebu kususnya di Kabupaten Blitar agar berjalan normal dan baik, dan ini adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar,” tegasnya.

Mujib yang juga ketua Kelompok Tani Karya Tani Mandiri sangat mengapresiasi adanya pendirian pabrik gula Rejoso Manis Indo (RMI) yang berada di desa Rejoso Kecamatan Binangun, dengan dibangunnya pabrik gula di Blitar minimal para petani tebu di Kabupaten Blitar tidak akan jauh- jauh lagi menjual tebu nya keluar daerah dan cukup di daerah sendiri.

"Sebagai Ketua Kelompok Tani upaya yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Blitar dengan menggandeng investor saya berharap petani tebu akan semakin makmur sejahtera,karena jarak kedekatan ini tentunya juga berpengaruh terhadap biaya transportasi, jadi akan lebih irit ”Imbuhnya.

Disisi lain seperti yang disampaikan Andik ( 53 ) Warga Pager Gunung kecamatan
Kesamben kepada media ini menyampaikan, antrean truk tebu sudah mulai sejak pukul 22.00 WIB. hari Kamis (18/06/20) sampai saat ini, karena antrian inilah yang mengakibatkan, jalur utama yang menghubungkan dari arah Blitar-Malang dan sebaliknya padat merambat.

"Sudah sejak semalam truk tebu parkir berderet dipinggir jalan. Kalau kemarin malam hanya dari arah Malang ke Blitar yang macet parah. Tapi sekarang yang dari Blitar ke Malang juga macet akibat truk tebu,” jelas Andik.

Hal senada juga disampaikan oleh Gunawan ( 47 ) yang mengaku warga Klojen Malang yang hendak kunjung keluarga nya ke Kota Blitar, dia merasa terganggu perjalananya, gara gara macet harus ber jam jam untuk bisa masuk kota Blitar, karena arus lalu lintas dari dua arah harus menggunakan system buka tutup yang dilakukan oleh Petugas Kepolisian.

"Tidak biasanya Blitar macet seperti ini mas, kemacetan ini katanya warga disini karena antrian giling tebu pabrik gula di Rejoso," kata Gunawan.

Untuk mengatasi kemacetan Satuan Lalulintas Polres Blitar terpaksa harus mengurai kepadatan arus lalu lintas kendaraan pribadi ke arah utara mulai dari barat SPBU Kesamben melewati desa Pagerwojo, lalu masuk kecamatan Doko dan keluar tembus keluar, masuk Kecamatan Wlingi, walaupun upaya yang ditempuh kepolisian ini sepenuh nya belum bisa maksimal.(za)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top