Jelang Pilkada Serentak, DPRD Kabupaten Blitar Gelar Rapat Besama KPU Dan Bawaslu - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Jelang Pilkada Serentak, DPRD Kabupaten Blitar Gelar Rapat Besama KPU Dan Bawaslu

Politik
jelang pilkada serentak dprd kabupaten blitar gelar rapat besama kpu dan bawaslu
Mujib Ketua Banggar DPRD Kabupaten Blitar

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Pesta demokrasi Pemilu Kada sudah dipastikan bakal diselenggarakan tepat pada tanggal 9 Desember 2020.

Untuk mengetahui persiapan penyelenggaraan pelaksanaan Pilkada, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Blitar melakukan Rapat, Senin ( 15/06/2020) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) dan juga TAPD.

Wakil Ketua Banggar DPRD Kabupaten Blitar Mujib.SM kepada wartawan menjelaskan, agenda rapat kali ini DPRD mengundang KPU, Bawaslu dan TAPD untuk melakukan pengecekan, menanyakan sejauh mana kesiapan dan persiapan penyelenggaraan Pemilu kepala daerah Kabupten Blitar tahun 2020, yang telah ditetapkan.

"Berkaitan mepetnya jadwal waktu untuk Pemilukada Kabupaten Blitar. Pada rapat tadi diperoleh laporan bahwa penyelengara akan melakukan protokol kesehatan Covid 19," kata Mujib.

Untuk itu menurut Mujib pada penyelenggaraan Pemilukada, kita benar benar benar disiplin, jaga jarak, memakai masker disiapkan tempa cuci tangan hal ini untuk mutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Ini penting diperhatikan, penyelengara Pilkada ini juga harus mempersiapkan thermogant, para pemilih yang memilih juga harus diperiksa suhu badannya, di TPS juga harus ada tempat mencuci tangan, Para petugas penyelenggara pilkada juga akan di rafid test," tegasnya.

Lanjut Mujib SM yang juga Wakil Ketua DPRD, ini menjelaskan untuk Anggaran penyelenggaraan Pilkada 2020 ada pengurangan di bagian lain tetapi juga ada penambahan dibagian lainnya, jadi kalau dahulu sebelum ada pandemi KPU ada sosialisasi secara terbuka, mungkin event terbuka, untuk saat ini tidak mungkin dilakukan dan untuk bagian ini bisa di kurangi, tetapi disisi lain penyelengara harus mempersiapkan protokol kesehatan.

"Karena pandemi maka kami bahas juga masalah anggaran untuk persiapan APD yang akan disiapkan bagi penyelengara pemilukada," papar Mujib.

Pada intinya DPRD meminta laporan kesiapan KPU terkait anggaran seperti apa, dan kita meminta agar ada laporan tertulis, agar nanti kita dapat evaluasi bersama sama.

"Kita perlu tahu secara menueluruh sehingga kita juga dapat memberikan masukkan yang mana nanti bisa dilakukan efisiensi tekait dengan anggaran karena di OPD, OPD yang lain mengalami penurunan anggaran maka di harapkan oleh Badan Anggaran, KPU juga melakukan efisensi Anggaran,” pungkasnya.(za)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top