Wabah Corona, Walikota Blitar Sebut Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Dirayakan Secara Sederhana - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Wabah Corona, Walikota Blitar Sebut Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Dirayakan Secara Sederhana

Berita Daerah
wabah corona walikota blitar sebut peringatan hari kelahiran pancasila dirayakan secara sederhana
Walikota Blitar Santoso

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Blitar-Wabah Corona, Walikota Blitar sebut peringatan hari kelahiran Pancasila dirayakan secara sederhana. Pemerintahmenetapkan tanggal 1 Juni adalah sebagai hari lahirnya Pancasila secara Nasional, berbeda dengan peringatan tahun sebelumnya, Kalau pada tahun tahun sebelumnya diperingati dengan meriah sekali, namun pada peringatan tahun ini bakal digelar sesederhana mungkin, hal ini karena kondisi masih pandemic corona virus Covid 19, semua harus jaga jarak, menghindari kerumunan dan harus pakai masker.

Peringatan hari lahirnya Pancasila yang selalu identik dengan grebek pancasila dengan berbagai acara seremonial malam tirakatan jelang 1Juni, dilanjutkan arak arakan bedol pusaka dari rumah dinas walikota menuju kantor Pemkot Blitar dan lain sebagainya namun untuk tahun ini lebih disederhanakan dengan tidak mengurangi makna peringatan Hari lahir nya Pancasila .

Wali Kota Blitar Santoso di temui di Rumah Dinas nya Minggu (31/05/20) petang mengatakan, karena kondisi wabah corona beberapa event seperti arak arakan tumpeng 5 menuju makam Proklamtor Bung Karno dilakukan dengan sangat sederhana sekali.

"Kegiatan Peringatan hari lahirnya Pancasila dan bulan Bung Karno akan di awali dengan teleconference dengan Presiden Joko Widodo, selanjutnya dilakukan upacara di Istana Gebang dengan melibatkan para tokoh pencetus gagasan yang cukup besar dalam rangka mecetuskan tanggal 1 Juni sebagai Hari lahir nya Pancasila di Kota Blitar, dan masuk hari besar nasional," kata Santoso.

Untuk prosesi selanjutnya yang inti adalah nyekar berupa tabur bunga di Makam Sang Proklamator Presiden Pertama RI yang berlokasi di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan, peringatan kali ini ada beberapa agenda yang dipertahankan.

Agenda bakti sosial tetap menjadi rangkaian yang tidak dihapuskan dengan membagikan sembako disekitar Makam BK, pembagian masker, handsanitaiser .

"Intinya kami tetap megajak kepada masyarakat untuk bergotong royong kusus nya saat wabah disease pandemic virus corona (COVID -19 ) jadi itulah moment-moment yang harus kita abadikan sepanjang tahun dan menularkan kepada anak cucu generasi penerus bangsa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Walikota Blitar Drs Santoso berharap sesuai dengan ajaran Sang Proklamator Bung Karno dengan selalu bergotong royong menghadapi kesulitan dan berbagai hal lain nya yang harus kita abadikan pada moment seperti Peringatan hari lahir nya Pancasila Kususnya warga masyarakat Blitar dan masyarakat Indonesia Umumnya.

"Kota Blitar tetap menggelar upacara karena tanggal 1 Juni adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Selain itu Kota Blitar merupakan daerah yang setiap tahun menggelar peringatan dan menjadi agenda rutin setiap tahun.dan menjadi kebanggaan peringatan 1 Juni sudah menjadi ikon Kota Blitar," pungkas Santoso.

Meski tidak ada keramaian satu yang sudah pasti bahwasanya warga Kota Blitar tidak lupa akan sejarah berdirinya Pancasila. Bagi wong Blitar Pancasila adalah pemersatu bangsa dan menjadi penyemangat menjaga keutuhan NKRI. Apalagi di Kota Blitar disemayamkan tokoh panutan dan presiden pertama RI (Putra Sang Fajar Red.).(za)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top