Sebanyak 11 Ribu Lebih ASN Kabupaten Blitar Bakal Terima THR Idul Fitri 1441 H - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Sebanyak 11 Ribu Lebih ASN Kabupaten Blitar Bakal Terima THR Idul Fitri 1441 H

Berita Daerah
sebanyak 11 ribu lebih asn kabupaten blitar bakal terima thr idul fitri 1441 h
Khusna Lindarti

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Blitar-Sekarang sudah ada kepastian pencairan Tunjangan Hari Raya untuk 11.500 orang ASN dengan total angka mencapai Rp52,5 milyar.

Hal ini Setelah Presiden RI Joko Widodo tanda tangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2020 tentang (THR) tahun 2020 kepada pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, Polri, pegawai non PNS dan penerima pensiun atau tunjangan.

Kepala BPKAD Kabupaten Blitar Khusna Lindarti kepada wartawan mengatakan jumlah THR yang akan diterima PNS, prajurit TNI, anggota Polri diatur dalam Pasal 6 PP Nomor 24 Tahun 2020, yakni sebesar penghasilan satu bulan pada dua bulan sebelum bulan hari raya atau gaji bulan Maret 2020. Kamis (14/05/20).

Khusna Lindarti menjelaskan, setelah adanya aturan terkait THR tahun 2020 tersebut, pihaknya segera melakukan rapat untuk menghitung kebutuhan waktu administrasinya.

"Untuk ini Paling cepat 10 hari sebelum Lebaran, tapi bisa juga mundur. Yang pasti sekarang sudah dikoordinasikan, agar bisa dicairkan secepatnya,” kata Khusna.

Dijelaskan Khusna mengacu pada aturan tersebut, maka kebutuhan anggaran THR tahun 2020 ini, untuk sekitar 8.326 PNS di jajaran Pemkab Blitar.

"Yakni sebesar pencairan gaji bulan Maret 2020, maka anggarannya sekitar Rp40 miliar," jelasnya.

Menurutnya yang berhak mendapat THR adalah pejabat administrator (eselon III) ke bawah, sedangkan pejabat pimpinan tinggi (eselon II) keatas tidak mendapat THR.

Mengacu pada PP No 24 Tahun 2020 tersebut, pejabat negara yang tidak mendapat THR disebutkan kepala daerah bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota, PNS dalam jabatan pimpinan tinggi dan DPRD.

Diberitakan sebelumnya Pemkab Blitar terdapat 40 pejabat eselon II terdiri dari 1 orang eselon II/a yaitu sekretaris daerah, 39 orang eselon II/b seperti kepala OPD kepala Dinas kepala Badan.

Sedangkan untuk Besarnya THR sesuai dengan gaji bulan Maret 2020, yakni gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum pungkasnya.

Sedangkan Untuk Pemkot Blitar menurut keterangan Widodo selaku kepala BPKAD, jumlah ASN-nya ada 3.100 lebih orang dengan total anggaran sesuai gaji Maret 2020 kurang lebih Rp 12,5 miliar akan segera cair maksimal H-7 Lebaran tahun ini.(ZA)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top