Over Stay, Warga Turki Dideportasi Kantor Imigrasi Kota Blitar - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Over Stay, Warga Turki Dideportasi Kantor Imigrasi Kota Blitar

Hukum
over stay warga turki dideportasi kantor imigrasi kota blitar
WN Turki yang dideportasi

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Seorang pria 46 tahun berkewarganegaraan Turki dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Blitar. Pria inisial BHA diketahui melebihi izin tinggal di wilayah hukum Indonesia.

Pria berinisial BHA ini tinggal di Jalan TGP Kauman Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Kepala seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanim Kelas II Blitar kepada wartawan Sabtu (09/05/2020) mengatakan WNA Turki berinisial BHA diketahui tidak memiliki paspor dan kepada petugas tidak dapat menunjukkan bukti kepengurusan penggantian paspornya di kedutaan.

"Yang bersangkutan memiliki foto kopi paspor kebangsaan Turki yang masa berlakunya tanggal 11 November 2010 sampai dengan 11 November 2020,” ungkap nya.

Deny Irawan menambahkan, dari data pada aplikasi izin tinggal keimigrasian, BHA tercatat tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Ngurah Rai, tanggal 05 Januari 2017 menggunakan visa bebas kunjungan yang berlaku hanya 30 hari.

Selama ini, BHA diketahui telah menikah dengan Warga Indonesia yang sekarang tinggal di pulau Bali, keberadaan BHA di Jalan TGP Kauman Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar berada dirumah mertuanya, itupun telah melebihi batas waktu izin tinggalnya selama 1.165 hari.

Deny menambahkan, karena over stay BHA melanggar Pasal 78 Ayat (3) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Yaitu orang asing pemegang izin tinggal yang telah berakhir masa berlakunya dan masih berada dalam wilayah Indonesia lebih dari 60 hari dari batas waktu izin tinggal.

“Saat ini WNA tersebut sudah dilakukan pemindahan ke rumah detensi (Rudenim) Surabaya sejak tanggal 5 Mei 2020. Untuk kelanjutan proses akan dilaksanakan oleh Rudenim Surabaya,” ungkap Denny.

Pihaknya minta kepada masyarakat untuk menginformasikan ke petugas Imigrasi Blitar bila di daerah nya ada Warga Negara Asing yang mencurigakan keberadaannya.(za)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top